Hafidz Dinas Terakhir, Plt Bupati Belum Jelas

Rabu, 15 Juli 2015 | 16:09 WIB
Bupati Rembang Abdul Hafidz. (Foto: Pujianto)

Bupati Rembang Abdul Hafidz. (Foto: Pujianto)

REMBANG, mataairradio.com – Abdul Hafidz menunaikan tugas dinas terakhirnya sebagai Bupati Rembang, Rabu (15/7/2015) ini. Sebab Kamis-nya sudah berlangsung cuti Lebaran. Sementara saat masa jabatannya berakhir 20 Juli mendatang, posisi pemerintahan masih dalam nuansa cuti hari raya Idul Fitri.

Hafidz mengklaim sudah menyelesaikan tugas pemerintahannya antara lain soal dana desa. Alokasi dana desa kini siap dicairkan oleh masing-masing desa. Tetapi pencairannya belum bisa semua alias harus bertahap. Soal pamitan, dia mengaku sudah melakukannya di beberapa kesempatan.

“Hari aktif tinggal Rabu (15/7/2015) ini sudah selesai. Untuk tepatnya masa jabatan lima tahun, sampai tanggal 20 Juli. Karena itu, saya sudah memaksakan semua aparat pemerintah untuk bisa menyelesaikan dana desa. Sampai bisa direalisasikan,” katanya.

Menurut Hafidz, setelah masa jabatannya berakhir nanti, dirinya akan balik ke kampung halamannya, Pamotan. Tetapi dia mengaku ingin menyewa sebuah rumah di Rembang untuk persiapannya maju sebagai calon bupati di Pilkada mendatang.

Sementara soal pelaksana tugas Bupati, hingga Rabu (15/7/2015) masih belum jelas. Hafidz pun mengaku tidak tahu, tetapi sempat dibocori ada tiga orang yang diusulkan oleh Gubernur Jawa Tengah ke Menteri Dalam Negeri. Tentang siapa namanya, dia enggan menyebutkan dengan alasan itu hak Gubernur.

“Katanya Pak Gubernur sudah mengusulkan tiga nama. Yang disetujui siapa belum tahu. Saya tidak dimintai masukan. Itu otoritas Gubernur,” tegasnya.

Sekretaris Daerah Rembang Hamzah Fatoni pun mengaku belum tahu tentang siapa pelaksana tugas bupati. Tetapi Rabu (15/7/2015) ini pun, dia mengaku telah mengirimkan stafnya ke provinsi terkait pelaksana bupati.

Menurut Sekda, pelaksana tugas bupati tidak otomatis menjadi penjabat bupati. Tetapi pelaksana tugas bupati bisa dilantik menjadi penjabat bupati oleh Gubernur. Proses dari penunjukan Plt bupati hingga adanya penjabat bupati, normatifnya 60 hari.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan