Tanggapan Gerindra dan PKS Soal Gugatan Prabowo-Hatta di Rembang

Friday, 8 August 2014 | 16:36 WIB
Penandatanganan oleh saksi pada berita acara rekapitulasi hasil perolehan suara Pilpres 2014 tingkat kabupaten pada Rabu (16/7) malam di Hotel Gajahmada Rembang. (Foto:Pujianto)

Penandatanganan oleh saksi pada berita acara rekapitulasi hasil perolehan suara Pilpres 2014 tingkat kabupaten pada Rabu (16/7) malam di Hotel Gajahmada Rembang. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) oleh tim hukum pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa terhadap pihak KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Rembang, mendapat tanggapan dari Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dalam hal ini, Partai Gerindra merupakan partai utama pengusung Prabowo-Hatta, sedangkan PKS merupakan tim rekapitulasi dan tabulasi data perolehan suara dari pasangan capres-cawapres nomor urut 1 tersebut. Ketua DPC Partai Gerindra Rembang Sumartono mengatakan semua bentuk gugatan yang dilancarkan pihaknya, langsung ditangani tim hukum DPP Partai Gerindra.

Dia tidak mau berkomentar terkait dengan masalah itu. Disinggung mengenai bentuk protes yang tidak langsung disampaikan pada saat rekapitulasi akhir tingkat kabupaten, Sumartono mempersilakan untuk klarifikasi langsung kepada PKS yang mengurus tabulasi data, mulai dari level kabupaten hingga Pusat.

Sementara itu, Sekretaris DPD PKS Rembang Sutrisno yang merupakan salah satu saksi yang hadir saat rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten pun mau, angkat bicara seputar gugatan Prabowo-Hatta terhadap pengguna hak pilih dan penggunaan surat suara pada Pilpres di puluhan TPS di Rembang.

Menurutnya, secara hasil perolehan suara, baik untuk pasangan capres-cawapres nomor urut 1 dan 2, memang tidak ada masalah di Kabupaten Rembang. Jumlah perolehan suara telah sama dengan data di Formulir C-1 yang dikantonginya. Oleh karena itu, pihaknya pun tidak komplain soal hasil pada saat itu.

Persoalan yang berujung gugatan, baru muncul setelah data Formulir C-1 dikirimkan ke Tim Merah Putih atau Tim Prabowo-Hatta di Jakarta. Menurutnya, setelah diteliti Tim Jakarta, ditemukan beberapa data yang tidak sinkron. Namun ketidaksesuaian ini, tidak mempengaruhi hasil perolehan suara Pilpres.

Pihak PKS Rembang mengklaim, sejak sebelum KPU mengesahkan hasil perolehan suara tingkat kabupaten, telah ada instruksi dari Tim Prabowo-Hatta di tingkat Pusat untuk menyiapkan materi seputar data pemilih dan penggunaan surat suara. Sutrisno juga baru tahu ada gugatan untuk KPU Rembang setelah bendel gugatan diserahkan ke Mahkamah Konstitusi. (Pujianto)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan