Gerindra Tak Optimalkan Kampanye Terbuka di Rembang

Minggu, 16 Maret 2014 | 18:13 WIB
Haji Muhtadi saat berorasi di kampanye Partai Gerindra di Lapangan Desa Ketanggi Kecamatan Rembang, Minggu (163) siang. (Foto Pujianto)

Haji Muhtadi saat berorasi di kampanye Partai Gerindra di Lapangan Desa Ketanggi Kecamatan Rembang, Minggu (163) siang. (Foto Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – Kampanye terbuka partai politik peserta Pemilu 2014 dimulai hari Minggu (16/3) ini. Partai Gerindra menjadi partai yang pertama dijadwal kampanye terbuka. Namun partai politik yang dipimpin oleh Prabowo Subianto ini, tidak mengoptimalkan kampanye rapat umum hari pertama di Rembang.

Mestinya, Gerindra dijadwal melakukan kampanye terbuka di semua daerah pemilihan di Rembang. Ada sebanyak tujuh dapil di kabupaten ini. Namun pada gilirannya, Gerindra hanya memanfaatkan satu dapil untuk kampanye yakni di Kecamatan Rembang. Sementara di Pamotan yang sempat sudah masuk izin kampanyenya, dibatalkan.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud mengatakan, kampanye terbuka bisa dimulai jam delapan pagi, namun sudah harus berakhir pada jam lima sore. Masa kampanye terbuka bagi parpol peserta pemilu berlangsung hingga 5 April 2014. Hanya ada dua hari yang bebas dari kegiatan kampanye terbuka, yakni pada 31 Maret dan 2 April 2014, salah satunya karena libur Hari Raya Nyepi.

KPU meminta parpol mengantongi terlebih dahulu izin dari kepolisian. Mereka juga tidak boleh melibatkan anak-anak, alat dan fasilitas negara, serta mengerahkan massa dengan mobil bak terbuka, untuk kampanye.

Khusus untuk kampanye terbuka Partai Gerindra kali ini, diselenggarakan di Lapangan Desa Ketanggi Kecamatan Rembang. Berdasarkan dokumen perizinan dari Polres Rembang, kampanye dimulai pada jam satu siang. Tidak ada tokoh nasional yang hadir di kampanye tersebut.

Setelah kampanye perdana ini, Partai Gerindra masih mendapat kesempatan kampanye rapat umum atau terbuka, masing-masing pada 19, 24, 26, dan 27 Maret 2014. Ketua Panwaslu Kabupaten Rembang Muchlis Ridlo mengaku akan melakukan pengawasan secara intensif terhadap setiap parpol peserta Pemilu saat kampanye terbuka.

Pihaknya akan memfokuskan pengawasan kampanye rapat umum pada pelipatan anak-anak, PNS, fasilitas negara seperti mobil dinas, dan kelengkapan STTP atau surat tanda terima pemberitahuan dan atau perizinan. Setiap pelanggaran akan langsung dicatat dan diproses lebih lanjut.

Sementara itu, salah seorang pengurus DPC Partai Gerindra Rembang Basirun mengonfirmasi, kampanye terbuka di Pamotan memang dibatalkan dan berganti dipusatkan di satu titik yakni di Ketanggi. Dia juga mengatakan, tidak ada tokoh nasional yang hadir di Rembang pada kampanye perdana. Sebab menurutnya, ikon Gerindra, Prabowo Subianto, berkampanye di Grobogan. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan