Gerindra Belanjakan Dana Terbesar Kampanye di Rembang

Jumat, 25 April 2014 | 14:02 WIB
Komisioner KPU Kabupaten Rembang M Salam saat mencermati laporan akhir dana kampanye dari Partai Nasdem di Kantor KPU setempat, Selasa (22/4) kemarin. (Foto:Pujianto.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang M Salam saat mencermati laporan akhir dana kampanye dari Partai Nasdem di Kantor KPU setempat, Selasa (22/4) kemarin. (Foto:Pujianto).

REMBANG, MataAirRadio.net – Partai Gerindra membelanjakan dana sekitar Rp1,1 miliar untuk kampanye di Kabupaten Rembang sepanjang kurun 11 Januari 2013 hingga 17 April 2014. Partai ini juga menjadi peserta pemilu dengan belanja kampanye terbesar dibandingkan 11 parpol lain.

Partai Demokrat membelanjakan dana Rp915,5 juta, disusul PKB Rp628 juta, Nasdem Rp604 juta, PPP Rp563 juta, Hanura Rp480 juta, PAN Rp308 juta, PDIP Rp243 juta, PKS Rp239 juta, PBB Rp163 juta, PKPI Rp162 juta, dan paling sedikit Partai Golkar dengan Rp156 juta.

Komisioner Divisi Kampanye KPU Kabupaten Rembang M Salam mengatakan, Partai Nasdem menjadi yang pertama kali melaporkan dana akhir kampanye yakni pada 22 April, diikuti PKB pada 23 April.

Sementara sepuluh parpol lainnya baru menyerahkan laporan di 24 April, dan PPP menjadi yang paling akhir melaporkan, atau setengah jam sebelum “deadline” atau jam setengah enam petang.

KPU Kabupaten Rembang telah meneruskan formulir model DK-10 sebagai bagian dari laporan akhir dana kampanye partai politik, kepada KPU Provinsi Jawa Tengah.

Kamis (24/4) malam, laporan diteruskan via email, sedangkan Jumat (25/4) ini, bukti dokumennya disampaikan secara langsung ke Provinsi. Mengenai kevalidan dana yang dilaporkan, KPU mengandalkan audit dari Ikatan Akuntan Indonesia Jawa Tengah.

Salam mengungkapkan, audit dari akuntan dilakukan berdasarkan asas kepatutan. Soal kemungkinan manipulasi data dana yang dilaporkan, KPU tidak mengujinya. Yang jelas ada salinan kuitansi dari laporan dana kampanye yang dilaporkan dibelanjakan.

Sekadar perbandingan, dengan belanja kampanye Rp1,1 miliar, Partai Gerindra meraup lima kursi parlemen. Adapun PPP sebagai parpol pemenang Pemilu dengan 10 kursi, mengaku hanya membelanjakan Rp563 juta.

Partai Golkar yang merebut tiga kursi di DPRD membelanjakan dana kampanye paling sedikit Rp156 juta, sedangkan PKPI dan PBB yang sama sekali tak mendapat kursi, membelanjakan dana kampanye lebih banyak dari Golkar. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan