Ganjar Pastikan Kebangkitan Pabrik Es Saripetojo Rembang

Kamis, 2 Juli 2015 | 17:26 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo seusai mengunjungi pabrik es Saripetojo Rembang di Jalan Pasar Nomor 1 Lasem, Kamis (2/7/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

Gubernur Ganjar Pranowo seusai mengunjungi pabrik es Saripetojo Rembang di Jalan Pasar Nomor 1 Lasem, Kamis (2/7/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

 


LASEM, mataairradio.com –
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan kebangkitan pabrik es Saripetojo Rembang. Upaya itu dilakukan dengan mengunjungi pabrik es milik Perusahaan Daerah PT Citra Mandiri Jawa Tengah itu, di Lasem, Kamis (2/7/2015) pagi.

Menurut Ganjar, pabrik es di sebelah timur Terminal Lasem sempat disebut rugi terus. Tetapi sejak manajemen diperbarui, setahun terakhir pabrik es itu bisa untung. Meski begitu Ganjar meminta Saripetojo terus merespon pasar es lokal. Misalnya dengan memetakan kebutuhan dan pemasok.

“Kemarin perusahaan ini rugi terus. Kemudian kita rapatkan, lalu manajemen diperbarui. Dalam waktu setahun saja, bisa untung. Manajemen yang baru ini kita minta respon bisnis es lokal di sini. Industri ini agar mengajukan proposal baru. Agar ketika kurva bisnisnya mulai menurun, segera naik lagi,” katanya.

Ganjar juga menilai, terobosan yang dilakukan pabrik es Saripetojo Rembang, terbilang bagus. Pihak pabrik membuka pasar baru, sehingga es produksinya bisa laku ke nelayan kecil. Gubernur yakin, potensi kebutuhan es di tingkat nelayan kecil, masih besar.

Hal itu perlu diimbangi antara lain dengan peremajaan mesin. Tujuannya agar operasional pabrik bisa berjalan dengan baik. Mengenai kendala pasokan air bahan baku es, Ganjar menyebut tidak ada soal, tetapi masih ada jarak antara pabrik dengan pemasok air.

“Kemarin terobosannya bagus. Mereka buka pasar baru. Jika potensi nelayan kecil yang besar bisa ditambahkan, ya mesinnya harus baru. Kendala air cuma jarak saja. Pasokannya nggak soal,” tandasnya.

Di kesempatan itu, Ganjar sempat berbincang dengan manajemen Saripetojo dan para jurnalis selama sekitar setengah jam sejak pukul 09.15 WIB. Setelah itu, dengan ditemani Bupati Rembang Abdul Hafidz, Ganjar bergeser meninjau perbatasan Jateng-Jatim dan Pasar Rembang.

Selain mengunjungi Rembang, Kamis (2/7/2015) sore Gubernur juga menyambangi Kabupaten Blora untuk koordinasi kesiapan menghadapi Lebaran yang dirangkai dengan acara buka puasa bersama.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan