Fatayat Rembang Kembali Gelar ‘Fiqih Perempuan’

Rabu, 6 April 2022 | 12:09 WIB

Ketua PC Fatayat NU Rembang Raabiatul Bisyriyah Sybt (Kiri) bersama Wakil Ketua TP PKK Rembang Siti Halimatussa’diyah (Kanan), saat membuka pengajian “Fiqih Perempuan” di Aula Rumdin Wakil Bupati Rembang, Selasa (5/4/2022) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Pengurus Cabang (PC) Fatayat NU Rembang kembali mengadakan kegiatan pengajian yang bertajuk “Fiqih Perempuan”, pada momentum ramadan tahun 2022 ini.

Ketua PC Fatayat NU Rembang Raabiatul Bisyriyah Sybt (Ning Iyah) menjelaskan, kegiatan ini merupakan kali kedua, yang digelar secara rutin setiap bualan puasa. Dimulai sejak Selasa (5/4/2022) kemarin, dan akan berlangsung hingga 19 April mendatang.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang ini, selain bisa diikuti secara langsung, juga dapat disimak melalui kanal youtube, di akun FATAYAT NU REMBANG.

“Ini program yang kedua kali dari PC Fatayat Rembang setiap Bulan Ramadan. Semoga bisa istiqomah. Dan sedikit yang bisa kami buat mendapat rida Allah serta ilmu yang disampaikan diaplikasikan di rumah masing-masing,” tutur putri ke-04 Gus Mus ini.

Menurut Ning Iyah, fiqih memiliki kaitan erat dalam aktivitas sehari-hari, sehingga perlu dipahami betul oleh masyarakat, khususnya perempuan, karena memang di dalam kajian ini akan lebih membahas fiqih yang berkaitan tentang perempuan.

“Fiqih ini berkaitan dengan hal yang setiap harinya kita lakukan. Kalau ibadah yang dilakukan tanpa dasar ilmu, itu Kata Rasulullah; akan sia-sia. Tapi kalau didasari dengan ilmu maka lebih utama,” tegasnya, Rabu (6/4/2022).

Di dalam pelaksanaannya, kegiatan ini bekerja sama dengan pihak Tim Penggerak PKK Kabupaten Rembang.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Rembang Siti Halimatussa’diyah (Ning Diyah) mengatakan, kerja sama dalam kegiatan yang sama ini sudah berjalan dua kali ini.

Meskipun kali ini pengampunya merupakan seorang laki-laki, ia meminta kepada jamaah pengajian supaya tidak usah malu-malu untuk bertanya.

Ning Diyah berharap jalinan kerjasa sama antara TP PKK Kabupaten Rembang dengan PC Fatayat NU, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Kalau tahun kemarin kami bersama Bu Nyai Hajah Mustatiah, saat ini Kiai Syafrudin. Tapi nggak usah segan atau tabu untuk bertanya. Ilmu itu tidak mengenal gender. Meskipun Kiai Syafrudin laki-laki, tapi sampun faham soal fiqih perempuan, karena beliau punya ibu, punya istri dan punya anak. Jadi jangan sungkan-sungkan,” terangnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan