Empat Hari Jelang Lebaran, Harga Tiga Komoditas Naik

Rabu, 21 Juni 2017 | 15:18 WIB

Bupati Rembang Abdul Hafidz melakukan inspeksi sekaligus berdialog dengan salah seorang pedagang daging ayam potong di Pasar Rembang, Rabu (21/6/2017). (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Harga tiga jenis komoditas pokok masyarakat terpantau mengalami kenaikan pada Rabu (21/6/2017) atau empat hari menjelang Lebaran 1438 Hijriah. Tiga jenis komoditas itu adalah cabai merah, bawang merah, dan daging ayam potong.

Kenaikan harga terhadap tiga jenis komoditas tersebut terungkap ketika Bupati Rembang Abdul Hafidz melakukan inspeksi terhadap harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Rembang dan berbincang langsung dengan para pedagang di pasar terbesar di daerah ini.

Harga cabai merah kini sebesar Rp24.000 per kilogram atau naik dua ribu rupiah. Harga bawang merah juga naik dua ribu rupiah dari Rp28.000 menjadi Rp30.000 per kilogram. Harga daging ayam potong pun naik dari Rp28.000 menjadi Rp30.000 per kilogram.

“Secara umum harga sembako cenderung stabil. Ada beberapa barang yang mengalami kenaikan namun tidak terlalu tinggi,” katanya kepada awak media seusai melakukan inspeksi didampingi oleh sejumlah kepala organisasi perangkat daerah di Kabupaten Rembang.

Selain mengungkap beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga, Bupati juga mengetahui adanya penurunan harga pada komoditas pokok seperti telur dan bawang putih.

Harga telur turun dua ribu rupiah, dari Rp20.000 menjadi Rp18.000 per kilogram, sedangkan harga bawang putih jenis sinco turun menjadi tinggal Rp25.000 per kilogram.

“Stok bahan pangan tercukupi. Masyarakat kami imbau untuk tidak cemas sehingga melakukan pembelian secara berlebihan,” tandasnya.

Salah satu pedagang Suyanto membenarkan adanya kenaikan harga-harga menjelang Lebaran, namun kali ini masih disebutnya wajar.

“Untuk permintaan konsumen mulai meningkat drastis sejak kemarin. Sementara untuk harga; relatif stabil. Kenaikan harga masih dalam batas wajar,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan