Usulan Embung Dresi Wetan Ditolak Pemerintah

Senin, 3 Maret 2014 | 11:58 WIB
Aksi warga yang memprotes pembangunan Embung Tambakagung Kecamatan Kaliori, Rabu (26 2) siang. (Foto Pujianto)

Aksi warga yang memprotes pembangunan Embung Tambakagung Kecamatan Kaliori, Rabu (26 2) siang. (Foto Pujianto)

KALIORI, MataAirRadio.net – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum menolak usulan pembangunan embung di Desa Dresi Wetan Kecamatan Kaliori. Pemkab Rembang pada 2012 lalu mengusulkan pembangunan tiga embung di Kecamatan Kaliori, masing-masing di Desa Dresi Wetan, Dresi Kulon, dan Tambakagung.

Adrian, perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dalam kesempatan sosialisasi pembangunan Embung Tambakagung pada Rabu (26/2) kemarin mengatakan, dari serangkaian hasil survei lapangan, Pemerintah baru bisa mengabulkan pembangunan satu embung di Kecamatan Kaliori pada 2014.

Menurut Adrian, sebenarnya ada hingga tujuh embung yang diusulkan oleh Pemkab Rembang untuk dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana. Namun yang untuk Dresi Wetan ditangguhkan karena kendala lahan.

Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Rembang Imam Zarkasi juga mengatakan, pembangunan embung di Desa Dresi Wetan memang belum disetujui oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai atau BBWS Pemali Juwana. Lahan yang sedianya diperuntukkan untuk embung sudah dipakai untuk yang lain oleh pihak desa setempat.

Politisi yang juga berasal dari Kecamatan Kaliori ini pun membantah rumor yang menyebut pembangunan embung itu sengaja digagalkan dan dialihkan ke Desa Tambakagung karena alasan yang tidak jelas. Menurut Imam, dari hasil komunikasinya dengan pihak BBWS Pemali Juwana, karena yang di Dresi Wetan ditolak, Pemerintah akan fokus membangun embung di Desa Tambakagung Kecamatan Kaliori.

Selain di Kecamatan Kaliori, pihak Balai Besar juga akan membangun embung dengan nilai miliaran di Desa Sumurpule Kecamatan Kragan dan Desa Tlogomojo Kecamatan Rembang pada 2014. Usulan itu sudah diteken setuju dan segera dibangun.

Kepala Desa Dresi Wetan Kecamatan Kaliori Gunandar mengonfirmasi, pembangunan embung yang diusulkan ke BBWS Pemali Juwana memang ditolak. Sebab, ketika pihak Pemerintah melakukan survei, lahan yang diusulkan sudah digunakan untuk embung.

Gunandar menjelaskan, usulan pembangunan embung disampaikan pada tahun 2012 dan diharapkan sudah terbangun pada 2013. Namun, kala itu pihak BBWS, tidak kunjung merealisasikan. Akhirnya, dari pihak desa mengusulkan pembangunan embung melalui sumber lain. 2013 lalu, terbangun embung pertanian berukuran 80×40 meter di lahan sebelah timur desa, dekat dengan Desa Karangsekar. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan