Dukung Swasembada Daging, 60.000 Sapi Ditarget Bunting

Selasa, 15 November 2016 | 16:12 WIB
Bupati Rembang Abdul Hafidz tampak andil dalam aksi pengobatan sapi saat pencanangan Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting", di Desa Sumbermulyo Kecamatan Sarang, Selasa (15/11/2016). (Foto: Pujianto)

Bupati Rembang Abdul Hafidz tampak andil dalam aksi pengobatan sapi saat pencanangan Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting”, di Desa Sumbermulyo Kecamatan Sarang, Selasa (15/11/2016). (Foto: Pujianto)

 

SARANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang menyatakan mendukung program swasembada daging nasional dengan target 60.000 ekor sapi bunting pada tahun 2017.

Kabupaten Rembang kini tercatat menduduki peringkat empat besar populasi ternak sapi di Jawa Tengah dengan 128.000 ekor, di bawah Blora, Wonogiri, dan Grobogan.

Dukungan terhadap program swasembada daging nasional ini dibuktikan oleh Pemkab Rembang dengan mencanangkan upaya khusus “Sapi Indukan Wajib Bunting” (Upsus Siwab).

Kepala Distanhut Rembang Suratmin menjelaskan, Upsus Siwab diawali dengan melakukan pengecekan terhadap kesehatan reproduksi ternak sapi milik peternak.

“Untuk menuju indukan wajib bunting, kita lakukan pemeriksaan kesehatan reproduksinya. Jika reproduksinya terganggu kita obati lebih dulu,” terangnya.

Setelah dipastikan kesehatan reproduksinya, menurut Suratmin, sapi akan dikawinkan melalui inseminasi buatan (IB), agar cepat tumbuh serta berkembang.

Selasa (15/11/2016) pagi, Kabupaten Rembang menjadi tempat pencanangan Upsus Siwab level Jawa Tengah, tepatnya di Desa Sumbermulyo Kecamatan Sarang.

Tak hanya memberikan inseminasi buatan, pada acara ini antara lain juga dilakukan acara pengobatan massal bagi ratusan sapi dan sosialisasi asuransi ternak.

Selain itu, pun diserahkan bantuan mesin mini pencacah rumput, bahan bangunan gudang pakan ternak, bibit rumput raja, dan bantuan mineral ternak kepada beberapa kelompok.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah Agus Wariyanto tampak hadir pada kesempatan tersebut bersama Bupati Rembang Abdul Hafidz.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan