Dua Pekan Jelang Ramadan, Harga Sembako Naik

Kamis, 3 Mei 2018 | 14:13 WIB

Inspeksi mendadak Komisi B DPRD Jawa Tengah di Pasar Rembang, Kamis (3/5/2018) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Harga sembilan bahan pokok di Kabupaten Rembang merangkak naik pada dua pekan menjelang Ramadan.

Kenaikan harga Sembako ini terungkap saat inspeksi mendadak Komisi B DPRD Jawa Tengah di Pasar Rembang, Kamis (3/5/2018) pagi.

Berdasarkan pantauan, harga bahan pokok yang mengalami kenaikan antara lain bawang merah dan daging ayam potong.

Harga bawang merah naik dari Rp28.000 menjadi Rp32.000 per kilogram. Begitu pun harga daging ayam potong yang naik Rp2.000 menjadi Rp32.000 per kilogram.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah Yudhi Sancoyo mengonfirmasi adanya kenaikan harga Sembako pada dua pekan jelang Ramadan di Pasar Rembang.

Menurutnya, kenaikan harga Sembako ini wajar karena banyak permintaan seiring kebutuhan masyarakat untuk tradisi Ruwahan.

“Kenaikan tingkat harga yang berlaku pada Sembako di Rembang, tidak sampai pada taraf mengagetkan dan meresahkan,” katanya.

Suyati, salah seorang pedagang di Pasar Rembang juga mengatakan, harga Sembako mengalami kenaikan, kecuali bawang putih jenis kating.

Ia menyebutkan, harga telur ayam naik Rp2.000 menjadi Rp24.000 per kilogram. Harga cabai merah kini Rp26.000, cabai hijau Rp20.000, dan cabai rawit Rp13.000 per kilogram.

Sementara harga bawang putih kating turun dari Rp40.000 menjadi Rp25.000 per kilogram.

Yati membenarkan, saat sekarang, kondisi Pasar Rembang sedang ramai pembeli, karena bertepatan dengan momentum Ruwahan.

“Semua naik, meski sedikit-sedikit, kecuali bawang putih kating yang turun. Pasar memang ramai,” katanya.

Pada inspeksi tersebut, pihak Komisi B DPRD Jawa Tengah juga mengapresiasi Pemkab Rembang yang dinilai berhasil mengendalikan laju harga Sembako menjelang Ramadan.

Meski demikian, Pemkab Rembang diminta responsif. Bila ternyata nanti harga Sembako melonjak secar tidak wajar, Pemkab diminta segera meresponnya dengan operasi pasar.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan