Dua Juta Surat Suara siap Disortir dan Dilipat

Jumat, 15 Februari 2019 | 13:25 WIB

Contoh surat suara (Foto: law-justice.co)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang berencana melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara pada Senin pekan depan. Hingga Jumat (15/2/2018) pagi ada sekitar dua juta surat suara yang sudah diterima oleh KPU Rembang dari KPU pusat.

Dua juta surat suara tersebut meliputi empat jenis yaitu surat suara presiden-wakil presiden, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Sedangkan surat suara DPD sampai saat ini belum diterima.

Ketua KPU Setempat Iqbal Fahmi menyatakan tempat penyortiran dan pelipatan surat suara sementara direncanakan di kantor KPU namun pihaknya masih meminta fasilitas di Gelanggan olahraga (GOR) Mbesi Rembang.

Jika tempatnya berada di kantor KPU Rembang, maka tenaga pelipat sangat terbatas sekitar 70-80 pekerja sehingga pelipatan berlangsung lebih lama. Namun jika di GOR Mbesi kapasitas tenaga pelipat bisa sampai 150 orang.

“Kalau sampai 150 orang tidak sampai satu bulan Mas, ungkapnya.

Iqbal menambahkan jika persyaratan untuk tenaga pelipat tidak berat yang penting bisa membaca dan menulis, umur minimal 17 tahun serta tidak buta warna.

Rencananya ada sekitar 2,5 juta surat suara yang akan disortir dan dilipat namun sekitar 500 ribu surat suara jenis DPD belum sampai sehingga untuk permulaan ada 2 juta surat suara yang siap dilipat.

Disinggung honor bagi tenaga pelipat, Iqbal menyatakan bahwa itu adalah ranah sekretariat KPU Rembang, komisioner mengurusi ranah kebijakan-kebijakan strategis saja.

“Urusan honor bisa tanya sekretariat Mas,” pungkasnya.

Dari informasi yang didapat oleh Reporter mataairradio honor tenaga pelipat dihargai Rp 80-90 tiap surat suara, dan untuk surat suara jenis Presiden-wakil presiden maka lebih rendah karena hanya satu kali melipat saja, sedangkan jenis yang lain sampai tiga kali melipat.

 

 

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan