DPRD Rembang Hapus Lelang Asuransi Medical Check-Up

Rabu, 3 Desember 2014 | 16:25 WIB
Seorang anggota DPRD Rembang menjalani tes pemeriksaan kesehatan. (Foto:Pujianto)

Seorang anggota DPRD Rembang menjalani tes pemeriksaan kesehatan. (Foto:Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Kondisi kesehatan dari sebanyak 42 anggota dan tiga orang pimpinan DPRD Kabupaten Rembang dicek secara umum di kantor DPRD setempat pada Rabu (3/12/2014). Layanan ini adalah yang terakhir diselenggarakan oleh DPRD, karena tahun depan sudah dihapus.

Medical check-up ini merupakan bagian layanan dari pihak asuransi untuk peserta jaminannya yang merupakan anggota DPRD Rembang. Pihak asuransi ini sebelumnya berhasil memenangi lelang atas premi senilai Rp400 juta di tingkat DPRD Rembang. Salah satu yang dijamin asuransi adalah medical check-up.

“Ini yang terakhir, tahun depan nggak pakai lelang begitu lagi. Kita kembali ke BPJS, jadi nggak ada lagi fasilitas medical check-up. Kalau mereka (anggota DPRD) mau check-up lagi ke depannya, ya menjadi tanggung jawab pribadi,” ungkap Sekretaris DPRD Rembang Achmad Mualif.

Mualif menjelaskan, sebenarnya medical check-up dari asuransi ini pun tidak wajib dimanfaatkan oleh setiap anggota DPRD karena hanya sebagai hak atas telah dibayarkannya premi asuransi.

“Itu hak bukan kewajiban. Mereka diberi fasilitas check-up. Dipakai atau tidak dipakai, ya silakan. Boleh tidak. Sementara ini, (layanan medical check-up) dipakai maksimal. Jika ada yang terlewat, maka sewaktu ada kunjungan di daerah yang laboratoriumnya berada jangkauan asuransi, bisa mampir,” katanya.

Dia menyebutkan, dalam medical check-up, setiap anggota DPRD akan mendapatkan pemeriksaan darah, torak, sejumlah penyakit seperti jantung, diabet, hepatitis, termasuk tes urine.

“Tahun ini, pihak asuransi menggandeng Laboratorium Parahita Surakarta. Di medical check-up disediakan pula konsultasi dengan dokter terkait dengan hasil pemeriksaan. Hasil dari medical check-up bersifat pribadi, dalam bentuk lampiran hasil pemeriksaan untuk yang bersangkutan,” terangnya.

Berdasarkan pantauan, sejumlah anggota DPRD Rembang, tampak antusias mengikuti medical check-up. Sejak pagi hingga sekitar pukul 11.30 WIB, masih ada beberapa anggota DPRD yang mengantre pemeriksaan.

Sholeh, Anggota DPRD Rembang asal Pamotan mengatakan, medical check-up diperlukan untuk mendeteksi dini kemungkinan penyakit yang diderita. Dia pun menyebut, selalu mengikuti kegiatan semacam itu, lantaran sudah menjadi fasilitas.

“(Hasil medical check-up tahun lalu) Alhamdulillah semua sehat. Ya jadi lebih tahu soal potensi penyakit kita. Ada rekomendasi dari dokternya,” katanya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan