DPRD Dorong Pilkades Serentak Rembang Maret-April 2016

Senin, 14 Desember 2015 | 17:54 WIB
Ilustrasi. (Foto: karesidenan.com)

Ilustrasi. (Foto: karesidenan.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak DPRD Rembang mendorong pelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak di kabupaten ini digelar pada bulan antara Maret sampai April 2016.

Pilkades serentak sempat dijadwalkan digelar tahun ini, tetapi gagal karena beberapa sebab.

Anggota Komisi A DPRD Rembang Puji Santoso menjelaskan, dorongan pilkades serentak digelar pada bulan Maret atau April tahun depan itu, atas dasar telah dipenuhinya hampir semua kebutuhan anggaran.

“Kita sudah anggarkan penuh, mulai dari biaya penyelenggaraan hingga biaya pengamanannya (oleh pihak kepolisian),” terangnya.

Menurut Puji, jika pilkades serentak diestimasikan digelar pada Maret atau April 2016, maka Januari nanti, Pemkab Rembang sudah harus membuat persiapan.

“Persiapan itu termasuk soal kepastian kapan anggaran pilkades, sudah bisa dicairkan,” tandasnya.

Pihak DPRD menegaskan, dorongan pelaksanaan pilkades pada catur wulan pertama 2016, bukan karena menunggu dilantiknya bupati definitif.

“Digelar Maret atau April itu bukan karena menunggu bupati definitif. Pilkades serentak mundur dari 2015 ke 2016 itu karena tahun ini terlalu mepet dengan pilkada dan anggaran yang sempat belum komplit,” tegasnya.

Gunari, Kepala Sub-Bagian Tata Pemerintahan Desa pada Bagian Tata Pemerintahan Sekda Rembang menambahkan, jumlah peserta pilkades serentak tahun depan dimungkinkan sebanyak 45 desa.

“Biaya penyelenggaraan dan pengawasannya total Rp1,5 miliar,” bebernya.

Anggaran itu akan dibagi ke tiap desa yang menggelar pilkades, berdasarkan banyaknya jumlah pemilih. Tahun 2013 lalu, sudah 239 yang menggelar pilkades serentak.

“Jika tahun ini bisa 45 desa yang pilkades serentak, maka 3 desa sisanya, baru pilkades tahun 2017,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan