DPRD Akhirnya Usulkan Pelantikan Hafidz sebagai Bupati

Senin, 23 Februari 2015 | 18:01 WIB
Suasana rapat paripurna DPRD Rembang yang memuat pengumuman pengusulan pengangkatan Wakil Bupati Rembang Abdul Hafidz menjadi Bupati, Senin (23/2/2015). (Foto: Pujianto)

Suasana rapat paripurna DPRD Rembang yang memuat pengumuman pengusulan pengangkatan Wakil Bupati Rembang Abdul Hafidz menjadi Bupati, Senin (23/2/2015). (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – DPRD Rembang akhirnya mengusulkan pelantikan Abdul Hafidz sebagai Bupati menggantikan Moch Salim yang terpidana kasus korupsi. Pengusulan Hafidz ini diumumkan pada rapat paripurna DPRD Rembang, Senin (23/2/2015) siang.

Tidak ada syarat kuorum 3/4 anggota dewan untuk mengusulkan pelantikan Hafidz menjadi Bupati karena kali ini hanya berupa pengumuman di paripurna. Sebab pantauan, tampak hanya hadir 25 anggota dewan, namun berasal dari semua fraksi di parlemen.

“Rapat paripurna ini digelar sebagai tindak lanjut atas surat dari Menteri Dalam Negeri tertanggal 30 Januari, surat dari Gubernur Jawa Tengah tertanggal 9 Februari, dan surat dari Wakil Bupati Rembang pada 17 Februari kemarin,” kata Wakil Ketua DPRD Rembang Gunasih menjelaskan.

Menurut Gunasih yang merupakan Wakil Ketua DPRD dari Partai Demokrat, inti dari ketiga surat tersebut adalah agar DPRD dalam rapat paripurna mengumumkan pemberhentian Bupati Moch Salim sebagaimana surat keputusan dari Mendagri pada tanggal 8 Desember 2014.

“Selain itu juga agar sekaligus mengumumkan pengusulan pengangkatan Wakil Bupati Abdul Hafidz sebagai Bupati sisa masa jabatan 2010-2015 yang akan berakhir 20 Juli 2015,” tandasnya.

Paripurna tersebut ternyata juga dikemas untuk pengesahan raperda tentang kode etik dan tata beracara badan kehormatan DPRD. Hasil reses ke-45 anggota dewan turut dibahas dan diparipurnakan pula pada kesempatan itu.

“Hasil pelaksanaan rapat paripurna yang mengumumkan pengusulan pengangkatan Hafidz, harus disampaikan oleh Ketua DPRD kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Tengah,” tegasnya.

Ketua DPRD Rembang Majid Kamil yang dihubungi seusai rapat paripurna mengaku akan secepatnya menyampaikan hasil rapat kepada Mendagri melalui Gubernur Ganjar Pranowo.

“Intinya secepatnya kita sampaikan. Jika nanti hasilnya sudah dikirim ke Mendagri, responnya mestinya cepat pula,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan