Ditegur Panwas, Verifikasi PPS Diambil Alih KPU

Jumat, 15 Mei 2015 | 17:22 WIB
Lambang Panwaslu Kabupaten Rembang.

Lambang Panwaslu Kabupaten Rembang.

REMBANG, mataairradio.com – Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Rembang 2015 menegur Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terkait PPK terpilih yang sudah ditugasi untuk memverifikasi berkas usulan calon panitia pemungutan suara (PPS) dari tiap desa.

Ketua Panwas Pilkada Totok Suparyanto, Jumat (15/5/2015) pagi menyerahkan secara langsung surat rekomendasinya kepada KPU.

Menurut Totok, surat rekomendasi itu dilayangkan bukan atas dasar rumor, melainkan kenyataan bahwa PPK terpilih telah ditugasi untuk memverifikasi berkas PPS.

“Bahkan, salah seorang PPK yang tidak disebutkan namanya meminta Mbak Budi Handayani selaku salah satu anggota Panwas Pilkada, untuk mengawasi jalannya verifikasi berkas PPS di tingkat panitia pemilihan kecamatan setempat,” ungkapnya.

Totok berharap, verifikasi berkas PPS oleh PPK terpilih disetop dan ditarik ke KPU.

Ketua KPU Rembang Minanus Suud berkilah, yang dilakukan PPK terpilih kemarin, tidak memverifikasi berkas PPS dari tiap desa, melainkan membantunya untuk segera bersilaturahmi ke masing-masing kades.

“Terlebih ada 51 desa yang kala itu belum menyerahkan berkas PPS-nya,” dalihnya.

Terlepas dari semua itu, intinya, Jumat (15/5/2015) sore, semua berkas PPS yang semula sebagian di antaranya berada di PPK, ditarik ke KPU untuk dicek berkasnya, memenuhi syarat atau tidak.

“Tidak masalah KPU harus bekerja lembur hingga larut malam untuk menyelesaikan verifikasi,” tandasnya.

Apalagi, KPU berencana melantik PPS bersamaan dengan PPK pada 18 Mei nanti.

“Bagi kami, sikap kritis dari Panwas Pilkada lebih karena perhatian untuk memastikan seleksi penyelenggara pemilu dalam hal ini pemilihan bupati dan wakil bupati, berlangsung secara transparan dan sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

Ketua KPU menambahkan, jika tidak ada halangan pelantikan serentak PPS dan PPK akan dilakukan di Gedung Haji, Jalan Pemuda Rembang. Total ada 882 anggota PPS dari 294 desa/kelurahan dan 70 anggota PPK dari 14 kecamatan yang akan dilantik sebagai penyelenggara Pilkada Rembang 9 Desember nanti.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan