Disangka Korupsi, Kabid Jalan Rembang Ditahan Kejati

Kamis, 4 Juni 2015 | 16:48 WIB
Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Rembang Raharjo. (Foto: pembangunanpolitik.blogspot.com)

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Rembang Raharjo. (Foto: pembangunanpolitik.blogspot.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Rembang Raharjo ditahan oleh Kejati Jawa Tengah, Kamis (4/6/2015) siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Jawa Tengah Eko Suwarni yang dihubungi mataairradio dari Rembang membenarkan adanya penahanan terhadap Raharjo.

“Penahanan dilakukan setelah yang tersangkutan diperiksa sekitar 3,5 jam sejak pukul 09.00 WIB,” ungkapnya.

Eko menjelaskan, Raharjo ditahan karena disangka terlibat korupsi proyek pemeliharaan jalan pada ruas Sulang-Sumber-Kaliori senilai Rp6,9 miliar.

Dia mengingatkan bahwa Kejati sebelumnya telah menahan pemborong proyek tersebut, yakni bos PT Permai Jaya Abdullah Noor.

“Kerugian negara yang timbul akibat kasus dugaan korupsi itu mencapai Rp900 juta,” bebernya.

Modus korupsi yang dipakai ialah menyunat bestek, sehingga kualitas jalan sepanjang empat kilometer itu menjadi tidak sesuai.

“Hal itu sesuai keterangan ahli dari Universitas Negeri Semarang,” terangnya.

Setelah penahanan ini, Kejati masih akan mengembangkan penyidikan terhadap proyek yang lain. Eko menegaskan, penyidikan kasus itu, belum selesai, sehingga berlanjut.

“Raharjo ditahan untuk kepentingan penyidikan selama 20 hari ke depan,” tandasnya.

Kejati memastikan, penahanan terhadap Raharjo dilakukan berdasarkan bukti yang cukup dan dikhawatirkan bisa melarikan diri atau bisa menghilangkan barang bukti.

“Setelah dicek dokter, Pak Raharjo sudah dititipkan di Lapas Kedungpane Semarang,” imbuhnya.

Menurut Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Raharjo dijerat Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan