Dindikpora Targetkan Semua Lulusan SMP Masuk SMA

Sabtu, 2 Juni 2018 | 13:42 WIB

Siswa di wilayah Kecamatan Kragan naik kendaraan bak terbuka untuk sampai ke sekolah. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang menargetkan 100 persen lulusan SMP melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA sederajat.

Kepala Dindikpora Kabupaten Rembang Mardi menyebutkan, tahun ini ada lebih dari 9.000 lulusan SMP/MTs. Semuanya ditargetkan melanjutkan studi, baik itu di SMA, SMK, atau MA di Rembang.

Ia mengaku sudah meminta kepada semua guru untuk memotivasi para siswa agar masuk SMA sederajat. Dindikpora juga menyediakan program beasiswa bagi siswa dari kalangan kurang mampu.

“Kalau target kami, ya seratus persen lulusan SMP melanjutkan. Bisa ke SMA, SMK, atau MA. Guru-guru sudah kita minta untuk memotivasi para siswa. Kita juga sediakan beasiswa,” katanya.

Mardi juga menyebutkan, siswa yang memilih tidak melanjutkan sekolah, umumnya tinggal di daerah pinggiran. Ia tidak merinci daerah mana saja yang rendah angka partisipasi kasar ke SMA-nya.

“Merata di daerah-daerah pinggiran,” katanya.

Untuk mencapai target serapan 100 persen lulusan SMP ke SMA, pihak Dindikpora juga akan melakukan intervensi saat PPDB tahun ajaran 2018/2019. Meskipun saat ini, kewenangan SMA/SMK di provinsi.

Pada rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Selasa 5 Juni mendatang, Mardi akan angkat bicara tentang prioritas kuota penerimaan siswa baru dari Kabupaten Rembang.

“Soal teknis PPDB, kami belum koordinasi dengan SMA/SMK. Itu juga perlu, karena berpengaruh apakah anak-anak SMP bisa masuk (SMA) atau tidak. Selasa depan kita sampaikan ke provinsi,” tandasnya.

Di Rembang, ada lima SMA Negeri dan sembilan SMA swasta. Untuk SMK, ada enam negeri dan 18 swasta, sedangkan MA; ada dua negeri dan 17 swasta.

Mengacu pada jumlah lulusan SMA/SMK/MA tahun ini, maka kuota penerimaan siswa baru akan mencapai 7.200-an kursi.

Sementara jika mengacu angka kelulusan SMP/MTs 2018 di Kabupaten Rembang, maka potensi siswa baru 9.400-an orang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan