Dindikpora Kaji Perpanjangan PPDB SMP di Rembang

Thursday, 6 July 2017 | 18:06 WIB

Ilustrasi. (Foto: thepresidentpostindonesia.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang menyatakan siap mengkaji perpanjangan penerimaan peserta didik baru atau PPDB jenjang SMP di daerah ini apabila ternyata siswa pendaftar masih minim.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dindikpora Kabupaten Rembang Akhsanudin, jika sampai ada perpanjangan PPDB, maka semangatnya adalah mendorong peningkatan angka partisipasi kasar (APK) lulusan SD yang melanjutkan jenjang pendidikannya ke SMP sederajat

“Hemat kami, APK lulusan SD ke SMP, masih perlu didorong. Karena buktinya, memang masih ada lulusan SD yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Jadi kalau pun nanti ada perpanjangan PPDB, semangatnya ke sana (meningkatkan APK, red.),” paparnya.

Sampai dengan Kamis (6/7/2017) siang, PPDB SMP yang semestinya sudah berakhir pada 5 Juli 2017, sedang direkap hasilnya di level kabupaten dari setiap SMP baik negeri maupun swasta. Sejauh ini pun belum ada sekolah yang mengajukan perpanjangan waktu PPDB.

“Belum ada sekolah yang mengajukan perpanjangan waktu PPDB. Kita juga masih rekap hasil PPDB dari tiap sekolah. Namun kita siap mengkaji perpanjangan waktu PPDB jika siswa pendaftar SMP ternyata masih minim,” katanya kepada mataairradio.com.

Kepala Seksi Pembinaan SMP pada Dindikpora Kabupaten Rembang Achmad Solchan yang dikonfirmasi secara terpisah juga menyatakan belum ada sekolah yang mengajukan perpanjangan waktu PPDB secara resmi kepada pihak dinas pendidikan pemuda dan olahraga.

“Sampai sekarang belum (SMP mengajukan perpanjangan waktu PPDB, red.). Laporan singkat dari masing-masing sekolah baru kami rekap,” katanya ketika dihubungi melalui layanan pesan singkat.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, sejumlah pengelola SMP swasta yang menolak menyebutkan namanya menyatakan masih membuka penerimaan peserta didik baru, setidaknya sampai saat terakhir sebelum mulainya tahun ajaran baru.

“Kami masih akan menerima calon peserta didik baru sampai setidaknya akhir pekan ini atau mungkin sampai sebelum tahun ajaran baru mulai. Masuk pertama di tahun ajaran baru nanti pada tanggal 17 Juli 2017,” ujar sumber tersebut.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan