Dinas ESDM Bingung Elpiji Sering Langka di Kragan-Sarang

Jumat, 19 Juni 2015 | 17:17 WIB
Ilustrasi elpiji 3 kilogram.

Ilustrasi elpiji 3 kilogram.

 

KRAGAN, mataairradio.com – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rembang bingung dengan sering langkanya pasokan elpiji bersubsidi di dua kecamatan bagian timur, yakni Kragan dan Sarang. Padahal, kuota atau jatah pasokan untuk dua kecamatan tersebut sudah ditambah.

Imam Teguh Susatyo, Kepala Bidang Migas dan Energi pada Dinas ESDM Rembang mengaku sudah mengecek kelancaran distribusi elpiji kemasan tiga kilo secara langsung di lapangan. Dia mengklaim distribusinya lancar. Apalagi pasokan elpiji ditambah empat persen menjelang Ramadhan.

“Kami tidak tahu apakah ada kebocoran elpiji dari Rembang ke luar daerah, melalui wilayah perbatasan. Tetapi indikasi itu ada. Untuk memastikannya, kami bersama Dinas Perindagkop, akan kembali melakukan pengecekan,” ujarnya kepada mataairradio.

Mengenai potensi penimbunan elpiji untuk memainkan harga selama Ramadhan bahkan Lebaran nanti, pihak Dinas ESDM akan melakukan survei secara lebih ketat. Imam mengaku menangkap potensi itu mengingat spekulan rentan beraksi saat Ramadhan dan menjelang Lebaran.

Apalagi menurutnya, ada satu mata rantai distribusi elpiji yang sulit diawasi secara legal, yakni pengecer. Imam mengaku sulit mengendalikan aksi pengecer elpiji di daerah yang memang belum tersedia pangkalan. Padahal, jumlah pangkalan sudah ditambah dari 253 di tahun 2014 menjadi 310 hingga Mei 2015.

“(Penanganan insiden sering langkanya elpiji tiga kilogram di Sarang dan Kragan) akan kami koordinasikan lintas instansi. Selain kami (ESDM) yang akan melakukan survei terkait kuota dan distribusi, Dinas Perdagangan juga akan survei menyangkut harga dan lainnya,” jelasnya.

Menurut catatan Bidang Migas dan Energi Dinas ESDM Rembang, kuota elpiji tiga kilogram untuk bulan Juni ditambah menjadi 336.720 tabung, naik empat persen dari jatah bulan Mei yang 329.960 tabung. Pengaduan elpiji sulit atau langka di Kragan dan Sarang, menjadi yang sering diterima ESDM, pada dua bulan terakhir.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan