Digeruduk Caleg, RSUD Perpanjang Waktu Pelayanan

Rabu, 11 Juli 2018 | 03:22 WIB

Seorang anggota DPRD Rembang menjalani tes pemeriksaan kesehatan. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R Soetrasno Rembang memperpanjang waktu pelayanannya.

Salah satunya adalah pelayanan tes kejiwaan yang sebelumnya hanya buka dua hari seminggu kini buka setiap hari.

Hal itu untuk mempermudah masyarakat yang akan mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif di pemilihan anggota legislatif 2019 mendatang.

Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan pada RSUD dr R Soetrasno Rembang, Laksmi Iwandari menjelaskan, perpanjangan waktu pelayanan tersebut hanya berlaku sampai Senin (17/7/2018) mendatang.

Ia menyebutkan, hingga Selasa (10/7/2018) siang, sudah terdapat ratusan calon legislatif (Caleg) yang memeriksakan diri untuk mendapatkan surat keterangan sehat, sebagai salah persyaratan administrasi.

“Sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum) Rembang terkait pelayanan terhadap warga yang membutuhkan surat keterangan sehat untuk pencalonan anggota legislatif,” ungkapnya.

Dirinya tidak pernah menjadwalkan partai politik untuk menjalankan pemeriksaan kesehatan, justru pihak partai politik yang mengajukan jadwal pemeriksaannya untuk mencari waktu yang tepat.

“Ada partai politik yang melakukan pemeriksaan terhadap calegnya secara kolektif. Seperti PDIP dan Golkar. Tetapi caleg yang periksa secara pribadi juga banyak,” ujarnya.

Surat keterangan sehat merupakan salah satu dokumen sebagai syarat administrasi dalam pencalonan legislatif yang telah ditentukan oleh KPU. Masa Pendaftaran Caleg dimulai pada 4 Juli hingga 17 Juli 2018.

Sementara itu, biaya pemeriksaan kesehatan yang meliputi pemeriksaan jasmani, rohani, dan kejiwaan diperlukan biaya sebesar Rp449.000 per orang.

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan