Demokrat Merasa Ditinggal Koalisi Besar Pilkada Rembang

Kamis, 23 Juli 2015 | 17:35 WIB
Bendera Partai Demokrat pada Pemilu 2014. (Foto:Rif)

Bendera Partai Demokrat pada Pemilu 2014. (Foto:Rif)

 
REMBANG, mataairradio.com – Kubu Partai Demokrat merasa ditinggal dalam percaturan Koalisi Besar partai politik untuk Pilkada Rembang.

Hal itu setelah PKB bersama PDIP dan Partai Hanura dikabarkan telah bulat mengusung pasangan Hamzah Fatoni dan Ridwan.

Menurut juru bicara Partai Demokrat Rembang Tri Cahyo Rismawanto, partai-partai di Koalisi Besar sebelumnya menyepakati adanya fatsun atau sopan santun politik.

“Di fatsun itu pasangan calon kepala daerah ditentukan bersama, tetapi partai dengan kursi terbanyak di parlemen diberi porsi calon bupati,” ungkapnya.

Sementara, Partai Demokrat sudah merekomendasikan duet Harno dan Hamzah Fatoni. Dia mengakui, usulan duet Harno-Hamzah tidak harga mati, tapi mestinya penentuan pasangan lain pun dibicarakan bersama.

“Apalagi mestinya ada satu pertemuan lagi di Koalisi Besar untuk memutuskan calon,” tandasnya kepada mataairradio.

Tri Cahyo yang ditemui mataairradio pada Kamis (23/7/2015) siang, belum menentukan langkah lebih lanjut, setelah merasa ditinggal oleh partai lain di Koalisi Besar.

“Bisa saja kami mengajukan pasangan calon sendiri, meskipun masih memerlukan tambahan satu kursi untuk melenggang,” ujarnya.

Tetapi Demokrat juga tidak memungkiri adanya kemungkinan mendukung pasangan calon yang sudah ada, baik Hamzah-Ridwan maupun Hafidz-Bayu.

Dia bahkan tak menampik kemungkinan lain, dimana Demokrat akan mengambil posisi netral dalam Pilkada mendatang. “Semua kemungkinan itu mungkin saja,” tegasnya.

Cahyo menekankan, jika pun Demokrat mengusung pasangan calon sendiri, maka hal itu tidak akan disampaikan dalam waktu dekat alias akan menunggu masa pendaftaran pasangan calon kepala daerah pada 26-28 Juli nanti.

“Demokrat akan menentukan sikap secara final di ‘menit’ terakhir,” katanya menekankan.

Dia menambahkan, Demokrat secara internal akan melaporkan konstelasi terkini peta politik Pilkada Rembang ke Mochammad Salim selaku Ketua DPC Partai Demokrat yang kini masih mendekam di penjara. Tetapi dia tidak menyebut kapan laporan itu akan diberikan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan