Delapan Calon Haji asal Rembang Tertunda Berangkat

Kamis, 27 Agustus 2015 | 19:01 WIB
Ilustrasi. (Foto: antarajateng.com)

Ilustrasi. (Foto: antarajateng.com)

 
REMBANG, mataairradio.com – Delapan orang calon haji asal Kabupaten Rembang tertunda berangkat ke Madinah sebagaimana jadwal penerbangan bagi kelompok terbang (kloter) mereka.

Alasannya berbagai macam, mulai dari sakit, menunggui suami atau istri yang sakit, hingga visa yang belum beres.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kantor Kementerian Agama Rembang Shalehudin, Kamis (27/8/2015) sore mengungkapkan, enam dari delapan calon haji yang tertunda berangkat ke Tanah Suci itu merupakan pasangan suami istri.

Mereka masing-masing Kasbu Ngaijan dan Geduk Kasimin, pasangan suami istri dari Desa Sambong Kecamatan Sarang.

“Atas nama Kasbu Ngaijan, kadar HB-nya terlalu rendah, sehingga mesti dirawat di RSUD Moewardi Solo. Istrinya, Geduk Kasimin, menunggui di rumah sakit,” ungkap dia.

Selanjutnya, Sutriyah warga Desa Karangmangu Kecamatan Sarang juga tertunda berangkat lantaran visa belum jadi. Suaminya, Supardi terpaksa tinggal menunggu hingga urusan visa sang istri kelar.

Kemudian satu pasangan lagi yang tertunda berangkat adalah Rusmi Saridin dan Ngarpani Warijan. Warga Desa Dresi Kulon Kecamatan Kaliori itu gagal berangkat, lantaran Rusmi mengalami sakit dan harus mendapat perawatan medis.

“Dua calon haji lainnya yang juga tertunda berangkat adalah Rohman Kusmindar dan Kardiman Sumitro. Keduanya masing-masing adalah warga Pelang Sarang dan Desa Kabongan Kidul Rembang,” katanya.

Dia menjelaskan, Rohman Kusmindar harus dirawat di rumah sakit di Solo lantaran memiliki kadar hemoglobin yang terlalu rendah, sedangkan Kardiman belum jelas penyakitnya, tetapi saat ini menjalani perawatan. Hanya saja, istri Kardiman tetap berangkat.

“Calon haji yang tertunda berangkat karena sakit akan terus kami pantau perkembangannya. Jika kondisinya sudah memungkinkan mereka akan berangkat bersama calon haji dari kloter lain,” tandasnya.

Tetapi menurutnya, bagi calon haji yang tertunda berangkat karena persoalan visa, tidak ada pilihan, selain harus menunggu sampai dokumen itu jadi.

“Untuk persoalan visa, kami masih menunggu informasi dari Pusat,” tegasnya.

Shalehudin menambahkan tiga kloter jemaah calon haji asal Rembang sudah diberangkatkan menuju Madinah.

“Kloter 16, berangkat dari Solo pada Rabu (26/8/2015) pukul 23.05 WIB. Kami perkirakan, sudah sampai di Madinah Kamis (27/8/2015) ini,” katanya.

Kloter 17, menurutnya, berangkat dari Solo menuju Madinah, Kamis (27/8/2015) pagi kira-kira pukul 05.00 WIB, sedangkan Kloter 18 berangkat menuju Madinah, Kamis (27/8/2015) pukul 13.20 WIB.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan