Deklarasi Kampanye Damai Diwarnai Penyitaan Bahan Kampanye

Sabtu, 29 Agustus 2015 | 17:34 WIB
Stiker yang disita Panwas Pilkada Rembang, Sabtu (29/8/2015) pagi. (Foto: mataairradio.com)

Stiker yang disita Panwas Pilkada Rembang, Sabtu (29/8/2015) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 
REMBANG, mataairradio.com – Deklarasi kampanye damai tiga pasangan calon kepala daerah Rembang, Sabtu (29/8/2015) pagi diwarnai penyitaan bahan kampanye berupa stiker dari pasangan Sunarto-Kuntum Khairu Basa dan Abdul Hafidz-Bayu Andriyanto oleh Panwas Pilkada setempat.

Menurut Ketua Panwas Pilkada Rembang Totok Suparyanto, stiker kampanye itu hanya boleh dibagikan ketika rapat terbatas atau dialog yang digelar oleh pasangan calon, bukan pada saat kampanye damai yang bersifat terbuka dan digelar oleh KPU.

“Bahan kampanye yang dibuat sendiri oleh tim kampanye atau paslon, hanya boleh diedarkan ketika rapat terbatas atau rapat tertutup atau dialog,” jelas Totok kepada mataairradio.

Stiker kampanye dari pasangan calon nomor urut 2 dan 3 disita dari kawasan Jalan Soetomo, menuju Alun-alun Rembang. Secara ukuran stiker, untuk yang pasangan Hafidz-Bayu masih sesuai ketentuan yaitu 10×5 centimeter, sedangkan pasangan Sunarto-Kuntum lebih besar, sehingga juga melanggar.

Terhadap pelanggaran pembagian striker kampanye tidak di rapat terbatas atau dialog, Totok mengaku akan mengirimkan surat peringatan agar kejadian semacam itu tidak terulang.

“Pelanggaran itu, kami kira karena ketidaktahuan tim kampanye,” katanya.

Panitia Pengawas Pilkada juga mengaku mendapat laporan pemasangan alat peraga kampanye dari pasangan nomor urut 1 Hamzah Fatoni-Ridwan di Desa Tlogotunggal Kecamatan Sumber, Desa Padaran Kecamatan Rembang, dan beberapa desa di Kecamatan Sedan.

Sementara itu, Ketua KPU Rembang Minanus Suud mengatakan, kampanye damai menjadi tonggak sejarah proses pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2015. Dia berharap setiap kandidat berkampanye dalam semangat persatuan dan persaudaraan.

“Tiap calon juga berikrar siap terpilih dan tidak terpilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati,” katanya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan