Data Ganda Muncul Lagi di Masa Tanggapan DPS

Thursday, 17 September 2015 | 16:19 WIB
Maskot Pilbub Rembang 2015 (Foto: mataairradio.com)

Maskot Pilbub Rembang 2015 (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Data pemilih yang telah ditemukan ganda dan dicoret ketika pemutakhiran pemilih di Rembang, ternyata muncul lagi di DPS, yang sekarang ini berada dalam masa tanggapan masyarakat. Jumlahnya diperkirakan sampai ratusan pemilih.

PPS di beberapa kecamatan mencatat temuan kasus tersebut. Menurut Komisioner Divisi Pemutakhiran Pemilih pada KPU Rembang Nurul Muasiroh data pemilih ganda yang muncul lagi di DPS, karena pencoretan di sistem informasi data pemilih (sidalih), tidak sempurna. Alasannya, sidalih sempat error.

“Ketika sidalih error karena banyak yang mengunggah data bareng-bareng, misalnya ada 40 data ganda yang mesti kita coret, hanya sebagian saja yang bisa dihapus. Otomatis ada data ganda yang masih muncul di sidalih. Ini PR bagi kita semua secara nasional,” katanya.

Nurul juga menyebutkan, persoalan data ganda yang muncul lagi kendati sudah dicoklit, merupakan problem nasional. Kamis (17/9/2015) pagi, dilakukan rapat koordinasi nasional di Surabaya, yang salah satunya membahas permasalahan tersebut.

Dia mengaku tidak bisa mengira-ngira, berapa persen dari 13.700 data pemilih ganda yang sempat ditemukan saat coklit, yang kembali muncul di DPS dan diketahui di masa tanggapan masyarakat. Tetapi Nurul sudah meminta PPK dan PPS agar mencatat setiap tanggapan masyarakat sebelum terbit DPT.

“Intinya data pemilih sementara hasil perbaikan, harus bisa dipertanggungjawabkan dan bisa ditelusuri sejarahnya. Kita telah sediakan form, di luar aturan di PKPU, untuk memudahkan saja PPS dalam merinci berapa pemilih baru, ganda, belum terdaftar, dan meninggal dunia,” tegasnya.

Tidak hanya menyangkut data ganda, pihak KPU Rembang berharap kepada masyarakat agar mencermati DPS, sehingga mereka yang belum tercatat bisa segera melapor ke PPS, untuk didata.

DPS diumumkan dan dimintakan tanggapan dari masyarakat mulai tanggal 10-19 September. Perbaikan DPS di tiap-tiap PPS dilakukan mulai tanggal 20-25 September.

Setelah diperbaiki, DPS hasil perbaikan akan direkap di PPS dan disampaikan ke PPK pada 26-28 September. Selanjutnya PPK akan merekap DPS hasil perbaikan pada 29-30 September. Pada akhirnya, KPU akan merekap DPS hasil perbaikan dan menetapkannya menjadi DPT pada 1-2 Oktober 2015.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan