Dana Bos Tahap Kedua Cair, Ini Wanti-wanti Dindikpora

Tuesday, 23 May 2017 | 14:20 WIB

Aktivitas belajar siswa di SD Negeri Padaran Kecamatan Rembang. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Alokasi dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk triwulan kedua bagi SD dan SMP di Kabupaten Rembang akhirnya cair.

Dana BOS triwulan kedua tahun ini yang semestinya turun pekan kedua bulan April lalu, dilaporkan sudah cair dan masuk ke rekening setiap sekolah.

“Cair Sabtu (20/5/2017) dan langsung ke rekening sekolah,” kata Manajer BOS pada Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Rembang Susanto.

Ia menyebutkan, dana yang cair itu adalah sebesar 40 persen dari total alokasi BOS dalam satu tahun, yang penggunaannya 20 persen untuk belanja operasional rutin dan 20 persen untuk belanja buku.

Tahun ini, setiap siswa di jenjang SD baik negeri maupun swasta mendapat alokasi dana BOS sebesar Rp800.000 per tahun, sedangkan jenjang SMP satu juta rupiah per tahun per siswa.

“Khusus yang 20 persen untuk belanja buku, kami wanti-wanti sekolah untuk baru membayarnya setelah buku diterima. Kalau belum sampai di sekolah, ya jangan dibayar dulu,” katanya.

Menurutnya, sebagian sekolah sudah ada yang menerima kiriman atas buku yang dipesan, namun sebagian lainnya belum menerima lantaran waktu pemesanan berbeda-beda yakni antara Maret atau April lalu.

“Buku yang dipesan ini adalah buku ajar untuk tahun ajaran baru 2017/2018. Kami sudah meminta sekolah untuk mengirim bukti pesan buku ke Dindikpora,” katanya.

Terhadap sebagian sekolah yang buku pesanannya belum datang, pihaknya tidak terlalu mempersoalkan, namun semestinya sudah harus tiba sebelum bulan Juli 2017 atau sebelum tahun ajaran baru tiba.

“Terhadap utang-utang yang dimiliki sekolah karena molornya pencairan dana BOS, sekolah bisa melakukan pembayaran setelah ini,” kata dia kepada mataairradio.com, Selasa (23/5/2017).

Mengenai dana BOS untuk tingkat SMA/SMK pada tahap yang sama, Susanto menyatakan tidak tahu kapan pencairannya karena hal itu telah menjadi wewenang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Untuk tingkat SMA/SMK, baik negeri maupun swasta, dialokasi Rp1,4 juta per siswa per tahun. Pada tahun ini, dana BOS dicairkan dalam empat tahap, yakni 20 persen, 40 persen, 20 persen, dan 20 persen.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan