Cegah “Birokrasi Kotor”, Kantor Kemenag Rembang Luncurkan PTSP

Rabu, 22 Mei 2019 | 21:08 WIB

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Rembang, Athoillah Muslim. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, matairradio.com – Pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang, meluncurkan Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), pada Rabu (22/5/2019) petang.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Rembang, Athoillah Muslim menyebutkan, ada 52 jenis pelayanan yang bisa diakses masyarakat di PTSP.

Beberapa diantaranya yakni, pelayanan rekomendasi umrah serta izin operasional pondok pesantren, madrasah diniyah, dan Taman Pendidikan Alquran (TPQ).

Menurutnya, dengan adanya pusat pelayanan terpadu di Kantor Kemenag, sistem pelayanan terhadap masyarakat menjadi simpel. Selain itu juga dapat menghindari aksi birokrasi yang curang di lingkup Kementerian Agama.

“Ada 52 titik pelayanan yang akan bisa diminta oleh masyarakat melalui PTSP, yang secara efektif, murah, efisien, sederhana di dalam birokrasinya.

Dan tidak harus ketemu dengan pejabat, untuk menghindari birokrasi yang tidak baik dan birokrasi yang, ya begitu-begitu itu,” ujarnya kepada Wartawan.

Atho’ menjelaskan, di PTSP nantinya akan buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB pada hari biasa dan pada hari jumat buka sejak pukul 08.00 hingga 14.30 WIB.

Sedangkan pada bulan ramadhan seperti pada saat sekarang hanya melayani pada pukul 08.00 hingga pukul 15.00 WIB.

“Kita akan mencoba melayani semaksimal mungkin. Untuk di level kecamatan belom ada PTSP,” imbuhnya.

Disinggung mengenai penggunaan peralatan di PTSP, dirinya mengatakan, bahwa peralatan yang digunakan di pusat pelayanan terpadu milik Kemenag Rembang sudah secara elektronik dan menggunakan sistem jaringan internet.

“Kita mencoba untuk uji coba dulu, karena memang kami dalam penataan front office yang nanti di depan dan back ofice yang nantinya menindak lanjuti dari depan ke masing-masing ruangan,” pungkasnya.

Sebelum dibuka untuk umum pada pekan depan, pihak Kemenag Rembang akan melakukan uji coba terlebih dahulu selama tiga hari dimulai pada besok Kamis (23/5/2019).

Sementara itu, selain meresmikan Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Pihak Kemenag Rembang, di hari yang sama juga melakukan kegiatan buka bersama yang diisi dengan santunan terhadap puluhan yatim piyatu serta warga kurang mampu.

 

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan