Cegah Banjir, Warga Pamotan Ramai-ramai Bersih Sungai

Senin, 10 Desember 2018 | 14:41 WIB

Warga Desa Pamotan bersama Remaja Pecinta Alam Pamotan (Repala) menggalakkan kegiatan bersih sungai secara serempak, pada Ahad (9/12/2018) pagi. (Foto: Mohammad Siroju Munir)

 

PAMOTAN, mataairradio.com – Warga Desa Pamotan bersama Remaja Pecinta Alam Pamotan (Repala) menggalakkan kegiatan bersih sungai secara serempak, pada Ahad (9/12/2018) pagi.

Kegiatan tersebut berlangsung selama kurang lebih dua jam, sejak pukul 08.30 waktu setempat.

M Imron Pj Kepala Desa Pamotan menjelaskan, kegiatan ini awalnya adalah inisiatif Reppala, atas sarannya kemudian melibatkan elemen lain supaya bisa menjadi gerakan bersama.

Beberapa elemen yang turut dalam aksi bersih sungai tersebut adalah, Koramil Pamotan, IPNU-IPPNU Pamotan, BMT , dan berbagai komunitas pemuda di Kecamatan Pamotan.

Setelah berkumpul, warga kemudian menyebar dan membersihkan sungai dari hulu sungai di Dukuh Glanggang hingga sampai ke hilirsungai, di Dukuh Dalor yang aliran sungainya bisa sampai di Desa Sidorejo.

“Banyak warga yang ikut dalam kegiatan bersih sungai ini. Kurang lebih ada sekitar 60 warga yang turut serta,” ungkapnya.

Menurutnya kegiatan ini patut diapresiasi untuk menjaga kelestarian lingkungan dan dirutinkan setiap tahun.

Ia menegaskan pentingnya kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan di sungai, karena bisa menyebabkan banjir. Apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan.

“Rencanaya pihak desa dalam waktu dekat akan membahas dan melahirkan Perdes (Peraturan Desa) terkait larangan pembuangan sampah di sungai,” bebernya.

Makrup, salah satu aktivis lingkungan manyatakan, kegiatan ini sebenarnya dalam rangka memperingati hari lahir Repala.

“Ini (aksi bersih sungai, red.) dalam rangka memperingati ulang tahun Repala. Yang mana Repala sendiri merupakan komunitas pecinta alam,” terangnya.

Ia berharap dengan kegitan ini aliran sungai di sepanjang Desa Pamotan menjadi bersih dan bisa dimanfaatkan oleh warga baik dipakai untuk mandi dan mencuci.

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan