Cegah Abrasi, Puluhan Mahasiswa Tanam 3.000 Pohon Bakau

Tuesday, 14 November 2017 | 13:07 WIB

Puluhan mahasiswa bersama siswa SMA di Kabupaten Rembang melakukan aksi menanam 3.000 pohon mangrove di Pesisir Desa Pasarbanggi Kecamatan Rembang pada Ahad (12/11/2017) kemarin. (Foto: Mukhammad Fadlil)

 

REMBANG, mataairradio.com – Puluhan mahasiswa bersama siswa SMA di Kabupaten Rembang melakukan aksi menanam 3.000 pohon mangrove di Pesisir Desa Pasarbanggi Kecamatan Rembang pada Ahad (12/11/2017) kemarin.

Mereka melakukan penanaman atas dasar keprihatinan, sekaligus bentuk upaya untuk mencegah terjadinya abrasi di sekitar Pesisir Pantai Rembang. Ada sebanyak 70 mahasiswa yang tergabung dalam aksi peduli lingkungan tersebut.

Sutrisno, koordinator kegiatan itu mengatakan, penanaman pohon mangrove penting. Selain untuk mencegah abrasi, penanaman mangrove juga guna menjaga kelangsungan ekosistem laut.

“Aksi peduli lingkungan ini sudah beberapa kali dilakukan oleh mahasiswa. Kami dari Komunitas Pecinta Alam di STIE YPPI Rembang bekerja sama dengan mahasiswa lain dari Semarang, Jepara, dan beberapa komunitas di Rembang,” katanya.

Ika Nur Fitria, anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Kompas STIE YPPI Rembang mengatakan, ekstensifikasi pantai menyebabkan hutan mangrove dan tambak hilang karena deburan ombak dan desiran angin tak terhalang. Abrasi dan rob tak terelakkan.

“Jika abrasi terjadi maka produktifitas lahan tambak berkurang, pemukiman penduduk hilang, dan pendapatan masyarakat menurun. Penanaman 3.000 pohon mangrove ini kita harapkan bisa mengikis abrasi di masa mendatang,” tandasnya.

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Pujianto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan