Camat Bulu Berniat Maju Calon Perseorangan di Pilkada

Sabtu, 21 Februari 2015 | 17:03 WIB
ilustrasi. (foto: okezone.com)

ilustrasi. (foto: okezone.com)

 

BULU, mataairradio.com – Camat Bulu Suswantoro diketahui blusukan ke sejumlah desa di Kecamatan Sumber, Sabtu (22/2/2015) pagi. Aktivitas tersebut diduga berkaitan dengan niatnya maju di Pilkada mendatang.

Saat mataairradio mengonfirmasinya, Suswantoro mengaku hanya sekadar bersilaturahim ke setiap tokoh di desa-desa. Dia belum tentu memastikan diri maju sebagai calon bupati. Namun dia mengaku memiliki niat maju melalui jalur perseorangan.

Saat ini, dia menyatakan sudah mengimpun dukungan penduduk dengan bukti KTP. Dia bersama timnya mengimpun 160 dukungan dari tiap desa. Jumlah itu dianggap cukup untuk memenuhi syarat dukungan 7,5 persen dari penduduk Rembang yang sekitar 600.000 orang.

“Kalau maju sih belum pasti. Tetapi niatan itu ada. Rencana lewat perseorangan. Bukti dukungan (KTP) sudah siap. Meski dinaikkan jadi 7,5 persen, tetap bisa dipenuhi. Nggak menyusahkan,” ungkapnya kepada mataairradio.

Menurutnya, maju sebagai calon bupati dari jalur perseorangan merupakan sebuah pilihan. Sebab upayanya untuk “nembung” ke beberapa pengurus partai soal niatannya, masih belum disambut dengan dukungan yang serius.

“Itu pilihan. Mau bagaimana, nembung partai juga belum ada respon. (Lewat partai) mungkin berat di ongkos,” katanya.

Sementara ini, Suswantoro memanfaatkan teman-temannya di perkumpulan silat, Persatuan Setia Hati Teratai, untuk terus menggalang kekuatan. Dia pun mengklaim, beberapa tokoh sepuh dan ulama, berada dalam barisannya.

Lalu apakah langkahnya ini tidak mengganggu aktivitas kedinasannya sebagai camat? Suswantoro membantahnya. Sebab, yang saat sekarang bekerja adalah tim.

“Lagi pula, kepastiannya maju pada Pilkada Desember nanti, masih belum diputuskan,” tandasnya.

Dia menambahkan, bersitan niat maju sebagai calon bupati didasari oleh semangat untuk andil membangun Rembang yang lebih baik. Suswanto mengaku sudah mendapat izin dari keluarga besarnya, seandainya serius mencalonkan diri.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rembang membeber, syarat dukungan penduduk bagi calon perseorangan dinaikkan 3,5 persen menjadi 7,5 persen dari jumlah penduduk kabupaten ini. Komisioner KPU Rembang Maftukhin mengungkapkan, baru satu orang yang bertanya soal pencalonan perseorangan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



One comment
  1. alim psht

    Februari 23, 2015 at 5:31 am

    nasehat dari Sun Tzu, tokoh klasik strategi perang, bahwa; ”Kenali Diri Sendiri, Kenali Lawan; Maka Kemenangan Sudah Pasti Ada di Tangan. Kenali Medan Pertempuran, Kenali Iklim; Maka Kemenangan Akan Sempurna”.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan