Bus Zebra Cendekia Dijadikan Pengendali Kecelakaan Rembang

Jumat, 18 Desember 2015 | 16:33 WIB
Bus Zebra Cendekia milik Ditlantas Polda Jateng saat mampir di Rembang, Jumat (18/12/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

Bus Zebra Cendekia milik Ditlantas Polda Jateng saat mampir di Rembang, Jumat (18/12/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Bus Zebra Cendekia milik Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah dijadikan sebagai media pengendali tingkat kasus kecelakaan di Rembang oleh pihak satuan lalu lintas polres setempat, Jumat (18/12/2015) pagi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Rembang Ahmad Ghifar Al Ahfaqsy mengatakan, keselamatan berlalu lintas mesti ditanamkan sejak dini.

“Di bus ini, ratusan anak (yang mengikuti road show Zebra Cendekia di Rembang), akan diajarkan banyak tentang edukasi berlalu lintas,” katanya.

Anak-anak itu juga bisa melihat game tentang pendidikan seputar tata cara memakai jalan secara baik dan benar.

Menurut Ghifar, road show bus ini sudah yang kali kedua di Rembang setelah tahun lalu.

“Kali ini, Rembang kembali disambangi Zebra Cendekia yang sebelumnya juga mampir di Blora,” terangnya.

Saat berbincang dengan reporter mataairradio di sela road show itu, Kasatlantas menekankan, bahwa angka kecelakaan di Rembang masih cukup tinggi.

“Yang menjadi perhatian kami antara lain korban kecelakaan yang rata-rata masih berusia produktif, bahkan pelajar,” jelasnya.

Pemahaman tentang ketentuan dan pendidikan berlalu lintas diperlukan agar tingkat kecelakaan yang melibatkan pelajar dan kaum muda berusia produktif, bisa terus ditekan.

Ghifar meyakini, bus Zebra Cendekia bisa dijadikan sarana sosialisasi nyata bagi generasi dini soal pendidikan lalu lintas.

Ajeng, petugas polisi dari Ditlantas Polda Jateng yang mengoperatori fasilitas di bus Zebra Cendekia menjelaskan, masing-masing bus dilengkapi 16 laptop.

“Isinya seperti rambu-rambu bersepeda dan jalan. Kemudian simulator sepeda motor, perpustakaan mini, dan koleksi VCD edukasi,” ujarnya.

Menurutnya, bus Zebra Cendekia tersebut memang diperuntukkan bagi anak-anak usia dini sebagai media pembelajaran.

Wahana edukasi Zebra Cendekia merupakan salah satu kelengkapan pendidikan dasar lalu lintas yang dimiliki Polda Jawa Tengah.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan