Bupati Rembang Janji Atasi Banjir Kragan

Rabu, 13 Maret 2019 | 01:37 WIB

Bupati Rembang Abdul Hafidz menyerahkan langsung bantuan berupa paket sembako kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Kragan, Senin (11/3/2019). (Foto: Humas Setda Rembang)

 

SARANG, mataairradio.com – Bupati Rembang Abdul Hafidz berjanji akan mengatasi bencana penyebab banjir yang terjadi di delapan desa di Kecamatan Kragan pada Kamis (7/3/2019) lalu.

Hafidz mengatakan, bahwa persoalan banjir yang terjadi di Kecamatan Kragan, beberapa waktu lalu akan dituntaskan Pemerintah Kabupaten Rembang pada tahun ini, sehingga di masa mendatang tidak lagi terjadi.

Komitmen Bupati tersebut, disampaikannya secara langsung saat menemui korban banjir di Sumurpule-Kragan, salah satu desa yang terdampak banjir.

“Insyaallah tidak lama, nanti akan kita selesaikan semua (Persoalan Banjir, red.) tahun ini. Mudah-mudahan tahun depan tidak ada lagi banjir,” ujarnya.

Pihaknya sudah mengajak beberapa kepala dinas terkait, untuk mengatasi penyebab terjadinya banjir. Penananganan banjir akan dimulai dari wilayah hulu sungai hingga ke hilir, sehingga penyebab banjir dapat teratasi secara menyeluruh.

Bupati menjelaskan, salah satu upaya tersebut berupa normalisasi sungai dan saluran air di Kecamatan Kragan, khususnya daerah yang terdampak banjir.

“Kita akan segera bergerak melakukan normalisasi sungai dan saluran, yang ada di wiliayah yang kemarin terkena banjir,” katanya.

Ia menambahkan, upaya tersebut termasuk pembenahan pintu pada bendungan di Desa Sudan Kecamatan Kragan yang diduga menjadi salah satu penyebab banjir, lantaran tidak lagi berfungsi secara optimal juga akan ditangani.

Menurutnya, apabila pembenahan pintu pada bendungan merupakan ranah pemerintah pusat, maka pihan Pemkab akan segera melakukan pelaporan.

“Termasuk memperbaiki pintu bendungan yang tidak berfungsi. Kalau memang itu (Perbaikan Pintu bendungan, red.) wilayahnya pemerintah pusat, maka Dinas PU yang nanti ngirim surat ke pemerintah pusat,” imbuhnya.

Sebelumnya, sebanyak delapan desa di Kecamatan Kragan yang diterjang banjir meliputi, Desa Sumurpule, Sumbergayam, Sendangwaru, Sudan, Sendang, Terjan, dan Desa Woro serta Narukan. Akibat banjir tersebut total ada 216 unit rumah milik warga terendam banjir.

 

 

Penulis: Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan