Bukti Dukungan Calon Perseorangan Tidak Harus e-KTP

Senin, 1 Juni 2015 | 18:33 WIB
Ilustrasi E-KTP (Foto:edorusyanto.files.wordpress.com)

Ilustrasi E-KTP (Foto: edorusyanto.files.wordpress.com)

 
REMBANG, mataairradio.com – Bukti dukungan calon perseorangan yang akan maju di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang tahun 2015, tidak harus kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), tetapi bisa akta kelahiran, kartu keluarga, atau identitas kependudukan lainnya.

Komisioner KPU Rembang M Maftuhin yang dihubungi mataairradio, Senin (1/6/2015) pagi mengatakan, bukti dukungan ini memang diatur cukup longgar sesuai dengan PKPU Nomor 9 Tahun 2015.

“Intinya, bukti dukungan itu harus berupa identitas yang sah sebagai warga Kabupaten Rembang,” terangnya.

Sebagai pengguna, KPU akan menyesuaikan saja, jika saat ini Rembang sedang kehabisan blanko e-KTP, sehingga 25.000 orang hanya mengantongi KTP reguler atau biasa.

“Jangankan KTP biasa, surat keterangan dari desa yang menyatakan seseorang itu adalah penduduk setempat saja, sudah bisa dipakai. Asal itu sah,” tandasnya.

Sementara itu, tentang bakal calon perseorangan, tetapi juga mempertimbangkan maju lewat jalur partai politik atau gabungan parpol, KPU mengatakan ada hal yang perlu diperhatikan.

“Masyarakat bisa mendaftar lewat jalur perseorangan atau partai politik,” katanya.

Tetapi jika sudah kadung mendaftar lewat jalur perseorangan, maka kesempatan untuk mendaftar lewat partai politik, akan tertutup ketika KPU mulai melakukan verifikasi administrasi dan faktual.

Tetapi selagi belum ada verifikasi, berkas pencalonan bisa dibatalkan sendiri oleh yang bersangkutan.

“Memang ada informasi yang masuk ke KPU, tentang kemungkinan bakal calon perseorangan, tetapi juga mempertimbangkan maju melalui jalur partai politik. KPU sudah pernah membahasnya dan ketentuan tersebut perlu dijadikan perhatian,” tegasnya.

Tahapan penyerahan bukti dukungan calon perseorangan kepada KPU Kabupaten Rembang ditentukan berlangsung mulai tanggal 11-15 Juni 2015.

Sesuai pengumuman dari KPU, pasangan calon perseorangan harus didukung oleh minimal 45.941 dukungan di minimal 8 kecamatan di Kabupaten Rembang.

KPU kini baru bersiap menggelar bimbingan teknis tentang tata cara verifikasi calon perseorangan kepada seluruh panitia pemilihan kecamatan atau PPK.

Selanjutnya bintek juga akan dilakukan terhadap seluruh PPS, selambat-lambatnya tiga hari sebelum masa penyerahan dokumen dukungan calon perseorangan.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan