BPBD Anggarkan Dana Rp60 Juta untuk Antisipasi Kekeringan

Selasa, 3 Juli 2018 | 17:59 WIB

Bantuan air bersih untuk masyarakat Rembang yang dilanda kekeringan. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menganggarkan dana sekitar Rp60 juta untuk antisipasi terjadi kekeringan akibat kemarau panjang pada tahun ini.

Kepala Seksi Kedaruratan pada BPBD Kabupaten Rembang Pramujo mengatakan jika jumlah dana yang dianggarkan kurang, maka pihaknya akan bekerjasama dengan pihak swasta.

Ia memperkirakan musim kemarau pada tahun ini bakal terjadi kekeringan di beberapa wilayah di Kabupaten Rembang.

“Hal itu bisa diketahui melalui, adanya surat pengajuan bantuan distribusi pengedropan air dari desa ke BPBD. Selain itu juga, masa musim kemarau yang terlampau panjang dari biasanya,” ungkapnya.

Pramujo mencatat, tahun lalu ada sebanyak 12 desa di Kabupaten Rembang yang mengalami kekeringan. Salah satunya yang paling sering adalah di Desa Pranti-Sulang.

“Dalam menghadapi musim kemarau dan antisipasi terjadinya kekeringan, supaya masyarakat agar hemat dalam penggunaan air.

Selain itu, kepada desa yang memiliki sumber air melimpah segera koordinasi dengan BPBD, supaya air dapat didistribusikan ke wilayah yang mengalami kekeringan,” ujarnya kepada mataairadio, Selasa (3/7/2018).

Ada lima kecamatan di Rembang yang sering mengalami kekeringan, yaitu Kecamatan Sulang, Sumber, Kaliori, dan Lasem.

Sementara itu, hanya ada dua kecamatan yang memiliki sumber air melimpah meskipun di musim kemarau, yakni Kecamatan Sale dan Pamotan.

 

Penulis : Mukhammad Fadlil
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan