Blora Kalahkan Rembang Soal Bagi Hasil Kayu Hutan Mantingan

Minggu, 19 Oktober 2014 | 13:46 WIB

 

Hutan di Kabupaten Rembang (Foto:Rif)

Hutan di Kabupaten Rembang (Foto:Rif)

 

REMBANG, mataairradio.com – Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Mantingan kembali membagikan dana bagi hasil atau sharing kepada lembaga masyarakat desa hutan (LMDH). Pengelola hutan Mantingan membagikan bagi hasil produksi kayu tahun 2013 pada Sabtu (18/10/2014) kemarin.

Dari 34 LMDH penerima dana sharing produksi kayu tahun 2013, sembilan LMDH di Blora menerima bagian yang lebih banyak. Keseluruhan dana sharing yang Rp280,6 juta, sebesar Rp148,6 juta di antaranya dijatah untuk Blora, sedangkan 25 LMDH di Rembang mendapat Rp131,9 juta.

Dari sembilan LMDH di Blora yang merupakan wilayah dari KPH Mantingan, LMDH Gaplokan Kecamatan Japah menjadi penerima dana bagi hasil paling banyak atau mencapai Rp129,2 juta.

Sementara dari 25 LMDH di Rembang yang menjadi bagian KPH Mantingan, LMDH Kadiwono Kecamatan Bulu menjadi penerima dana sharing terbesar atau mencapai Rp76,4 juta.

Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Hutan dan Bina Lingkungan KPH Mantingan Satya Riyadi menyebutkan, dana bagi hasil produksi kayu 2013 yang diberikan, lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

“Sharing 2012 yang dibagikan pada 2013, totalnya hanya sekitar Rp240 juta, sedangkan yang dibagikan tahun ini lebih dari Rp280 juta. Hanya LMDH yang wilayahnya ada objek tebangan yang dialokasi sharing. Nilai sharing tergantung pula oleh luas dan hasil tebangan,” terangnya.

 

 

Penulis: Pujianto

Editor: Pujianto




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan