Beras Kualitas Super Langka di Pasaran Rembang

Senin, 3 Februari 2014 | 15:05 WIB
Gampang Haryono, Pedagang Beras di Pasar Rembang, Senin (3/2). (Foto:Puji)

Gampang Haryono, Pedagang Beras di Pasar Rembang, Senin (3/2). (Foto:Puji)

REMBANG, MataAirRadio.net – Beras kualitas super terjadi kelangkaan di pasaran Kabupaten Rembang. Selain langka, harga beras super juga meroket menjadi Rp9.200 per kilogram atau naik Rp500.

Gampang Haryono, pedagang beras skala besar di Pasar Rembang menyebutkan, kelangkaan beras kualitas super lantaran daerah pemasok utamanya yakni Kabupaten Pati, masih dikepung banjir hingga Senin (3/2) ini.

Beras kualitas super sulit didapat karena minim terik matahari akibat cuaca mendung dan kerap hujan. Selain itu dari sisi transportasi juga terkendala banjir yang sempat menggenangi sejumlah ruas jalan, termasuk Jalur Pantura Pati hingga Juwana, dalam beberapa hari terakhir.

Gampang juga menyebutkan, beras kualitas super biasanya dibeli oleh pemilik kapal cantrang untuk kebutuhan para awak. Karena cuaca laut sedang kurang bersahabat, tingkat pembelian beras super pun berkurang. Selain untuk kebutuhan awak kapal cantrang, beras kualitas super biasa dikonsumsi mereka yang berekonomi menengah ke atas.

Menurutnya, beras kualitas super biasa dipasok dari wilayah Kecamatan Tayu, Pati, dan Juwana Kabupaten Pati. Beras dari lokal Rembang nyaris tidak ada yang dipasok super. Dia tidak mengetahui alasannya, entah karena minim pengairan atau faktor lain.

Melonjaknya harga beras kualitas super juga diikuti beras kualitas medium atau sedang. Harga beras kualitas menengah ini kini naik menjadi Rp7.500 per kilogram atau naik rata-rata Rp200. Sementara beras kualitas biasa masih stabil tinggi di harga Rp6.700 per kilogram.

Santoso, pedagang beras lainnya di Pasar Rembang menyebut, rata-rata petani sudah tidak banyak memiliki stok gabah. Masa panen baru akan tiba pada sekitar Maret nanti. Kebanyakan petani kini memilih menyimpan gabahnya untuk persediaan konsumsi sehari-hari.

Sementara itu, Kepala Bagian Informasi Bulog Sub-Divre Pati Suyoko menyebutkan, persediaan beras untuk Rembang aman hingga sembilan bulan ke depan. Saat ini stok beras untuk Rembang masih 9.301 ton atau cukup sampai Oktober 2014. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan