Beban Berat KPU Dongkrak Partisipasi Pemilih Pilgub

Sabtu, 9 Juni 2018 | 15:58 WIB

Sekretaris KPU Kabupaten Rembang Satrio Wibisono seusai pemaparan mengenai partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng, di Sekretariat PWI Rembang, Jumat (8/6/2018) petang. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – KPU Kabupaten Rembang menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat untuk mendongkrak partisipasi pemilih pada Pilgub Jateng 2018 sehingga mencapai target 77,5 persen.

“Tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub di Indonesia cenderung rendah. Pilgub 2008 lalu, partisipasi pemilih 58,74 persen, sedangkan 2013 turun jadi 51,52 persen,” ujar Satrio Wibisono, Sekretaris KPU Kabupaten Rembang.

Di Rembang, Pilgub 2008 masih mencatat partisipasi 62 persen, namun kemudian turun menjadi 52 persen pada Pilgub 2013. KPU berharap PWI membantu sosialisasi penggunaan hak pilih pada Pilgub 27 Juni mendatang.

“Mari, Bapak Ibu dari PWI, agar bersama-sama berperan bagaimana agar terjadi peningkatan partisipasi pemilih pada Pilgub 27 Juni nanti,” terangnya.

Selain bekerjasama dengan PWI, sebelumnya KPU telah menggandeng organisasi masyarakat, sekolah, rumah tahanan, rumah sakit, dan masyarakat di daerah terpencil untuk sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih.

“Meskipun tidak ada TPS khusus di Rutan dan rumah sakit, tetapi penghuni rumah tahanan dan pasien rumah sakit, tetap memiliki hak pilih sehingga perlu disosialisasi, dan didatangi KPPS di TPS terdekat,” jelasnya.

Sementara Ormas digandeng agar topik soal pentingnya partisipasi pemilih terserukan sampai lapisan bawah, sedangkan sosialisasi di sekolah mengincar penggunaan hak politik bagi para pelajar berusia 17 tahun secara optimal.

“Kalau daerah terpencil, kita sudah datang sosialisasi di Ngotoko Pasedan Bulu, lalu Wuni Kajar Gunem, dan Tluweng Sendangcoyo Lasem. Ada lima daerah terpencil di Rembang yang kita datangi,” urainya.

Ketua PWI Kabupaten Rembang Djamal A Garhan menyatakan, mengapresiasi kerjasama yang dijalin KPU. PWI akan membantu KPU dengan sajian berita mengenai tahapan pelaksanaan Pilgub berikut pernak-perniknya secara berimbang.

Djamal berharap kepada KPU supaya lebih giat mengampanyekan pentingnya partisipasi pemilih, terutama di saat-saat mendekati pelaksanaan pemungutan suara, terutama lewat forum berkearifan lokal di RT/RW dan desa.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan