Baru Sepekan Menjabat, Hafidz Laporan Akhir Jabatan

Selasa, 14 April 2015 | 16:38 WIB
Bupati Rembang Abdul Hafidz saat menyampaikan laporan akhir masa jabatan 2010-2015 dan LKPj Bupati tahun 2014 di Sidang Paripurna DPRD, Selasa (14/4/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

Bupati Rembang Abdul Hafidz saat menyampaikan laporan akhir masa jabatan 2010-2015 dan LKPj Bupati tahun 2014 di Sidang Paripurna DPRD, Selasa (14/4/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

 
REMBANG, mataairradio.com – Bupati Rembang Abdul Hafidz sudah menyampaikan laporan akhir masa jabatan (AMJ), Selasa (14/4/2015) pagi. Padahal, dirinya baru menjabat secara resmi sebagai Bupati sejak 6 April kemarin, menggantikan Moch Salim yang dipidana karena kasus korupsi.

Laporan akhir masa jabatan periode tahun 2010-2015 yang disampaikan bareng dengan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Bupati tahun 2014 dibeber pada Sidang Paripurna DPRD Rembang. Menurut Hafidz, laporan akhir masa jabatan dan LKPj itu menjadi sarana penting memberi informasi.

Dua laporan tersebut merupakan bahan evaluasi pembangunan. Laporan ini juga diperlukan untuk evaluasi bersama agar program pembangunan nantinya, sesuai dengan kebijakan umum anggaran serta rencana pembangunan jangka menengah dan panjang.

“Laporan akhir masa jabatan dan LKPj ini penting sebagai sarana memberikan informasi yang objektif kepada masyakarat. Juga sebagai bahan mengevaluasi pembangunan,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Abdul Hafidz menyampaikan terima kasih kepada segenap masyarakat yang mendukung setiap program pembangunan di Kabupaten Rembang. Menurutnya, kebijakan percepatan pembangunan daerah yang diusung dalam empat pilar, sudah berjalan baik.

Seperti diketahui, empat pilar itu adalah pembangunan infrastruktur yang menyeluruh, pendidikan dan kesehatan gratis yang bermutu, serta pengembangan ekonomi lokal Rembang. Hafidz mengklaim, semua sektor telah memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, berbagai kemajuan bisa diukur antara lain dari tingkat pertumbuhan ekonomi dengan laju percepatan rata-rata 0,14 persen per tahun dalam lima tahun terakhir. Proporsi panjang jalan kabupaten yang berkondisi baik diklaim sebesar 48,98 persen dari total jalan sepanjang 642,75 kilometer.

“Kebijakan percepatan pembangunan daerah melalui program empat pilar sudah berjalan dengan baik. Kinerja Pemkab Rembang juga memiliki tren yang semakin meningkat. Semua sektor telah memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Laporan akhir masa jabatan periode 2010-2015 dan LKPj Bupati tahun 2014 tidak langsung diterima. DPRD akan menyusun dulu rekomendasi mulai Rabu (15/4/2015) ini hingga selama sekitar sepekan. Setelah itu akan digelar lagi Sidang Paripurna untuk memutuskan menerima atau menolak laporan Bupati.

Sementara itu, di balik beragam capaian kinerja Pemerintah tersebut, Rembang masih dihadapkan pada kasus masih bobroknya infrastruktur jalan, tingkat pengangguran dan kemiskinan, serta maraknya kasus korupsi yang melibatkan banyak pejabat. Pemerintah yang bersih dari korupsi menjadi idaman warga.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan