Baru Dua Parpol Anyar Terdaftar di Kesbangpolinmas

Jumat, 29 September 2017 | 14:16 WIB

Ketua KPU Rembang Minanus Suud. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Partai politik anyar yang tercatat ingin menjadi peserta Pemilu serentak 2019 di Kabupaten Rembang ternyata baru dua Parpol, yaitu Partai Idaman dan Partai Beringin Karya.

“Kami dapat data itu dari pihak Kantor Kesbangpolinmas terkait dengan persiapan pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2019,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang Minanus Suud.

Meskipun demikian, pihak KPU setempat mengindikasikan, masih ada dua Parpol anyar lagi yang berkemungkinan mendaftar di Kantor Kesbangpolinmas yaitu Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia.

“(Parpol baru) lain yang terindikasi ada pergerakan di daerah ini ya Partai Perindo dan PSI. Kita menanti saja apakah keduanya akan mendaftar di Kesbangpolinmas Kabupaten Rembang atau tidak,” katanya.

Walaupun ada dua Parpol anyar yang belum terdaftar di Kesbangpolinmas, menurut Suud, kedua partai politik itu akan diundang pada sosialisasi tentang pendaftaran peserta Pemilu 2019 pada 2 Oktober nanti.

“Sebelum pendaftaran peserta Pemilu 2019, kami akan memberikan terlebih dahulu sosialisasi kepada 12 Parpol peserta Pemilu 2014, dan Parpol baru yang ingin menjadi peserta Pemilu 2019,” bebernya.

Pendaftaran peserta Pemilu serentak 2019 akan dibuka sejak tanggal 3-16 Oktober 2019 di Kantor KPU Kabupaten Rembang, mulai pukul 08.00-16.00 WIB, kecuali hari terakhir sampai pukul 00.00 WIB.

“Pada sosialisasi itu, kita akan sampaikan tata cara dan persyaratan yang harus diserahkan oleh Parpol ketika melakukan pendaftaran. Kita berikan kesempatan yang sama kepada setiap Parpol,” ujarnya.

Di antara persyaratan yang harus dipenuhi Parpol saat mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 adalah data keanggotaan dan daftar nama keanggotaan partai politik yang bersangkutan di Kabupaten Rembang.

“Daftar nama keanggotaan dilampiri e-KTP. Soal data jumlah anggota yang diserahkan saat pendaftaran, untuk Kabupaten Rembang sebanyak 600 orang atau satu per seribu dari jumlah penduduk,” jelasnya.

Setelah mendaftar dan menyerahkan persyaratan, KPU akan meneliti semua berkas. Selanjutnya, KPU akan melakukan penelitian administrasi. Verifikasi administrasi dilakukan sejak 17 Oktober hingga 15 November 2017.

“Jika ada parpol yang persyaratan administrasinya masih kurang, maka akan diberikan kesempatan untuk perbaikan pada rentang tanggal 18 November hingga 1 Desember 2017,” pungkas Suud, Jumat (29/9/2017).

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan