Banser Rembang Siapkan Sepuluh Posko Untuk Bantu Pemudik

Rabu, 22 Mei 2019 | 19:19 WIB

Kasatkorcab Banser Rembang Zaenal Arifin (paling kanan) bersama Pengurus Cabang GP Ansor Rembang. (Foto: mataairradio.com)

 

 

REMBANG, mataairradio.com – Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Rembang menyiapkan posko selama arus mudik jelang lebaran tahun 2019 sebanyak sepuluh titik di seluruh Rembang.

Kasatkorcab Banser Rembang Zaenal Arifin menyatakan posko mudik akan didirikan sekitar tanggal 29 Mei 2019 atau seminggu sebelum lebaran sampai satu minggu pasca lebaran.

Sedangkan titik-titiknya dipusatkan di jalur Pantura seperti di Kaliori, Rembang, Lasem, Sluke, Kragan, dan Sarang. Sedangkan jalur tengah ada di Japerejo, Sedan, Sulang dan Bulu. Semua titiknya berada dekat dengan masjid karena fasilitas untuk istirahat dan toilet bisa terpenuhi.

“Semuanya dekat dengan tempat ibadah agar bisa nyaman untuk beribadah dan istirahat, selain itu toilet juga ada,” ungkapnya.

Zaenal menambahkan jika tujuan disiapkannya posko adalah untuk membantu para pemudik baik yang dari jalur barat (Semarang) maupun dari timur (Surabaya) sehingga banyak titiknya memang berpusat di jalur Pantura, Namun ada posko yang ditempatkan di tengah dan jalur selatan seperti arah dari Blora dan Jatirogo.

Posko Banser selain bisa digunakan untuk tempat istirahat para pemudik, juga menyiapkan beberapa hal yang penting misalnya peralatan P3K kemudian bekerja sama dengan tukang tambal ban terdekat untuk mengantisipasi ban kendaraan pemudik yang bocor serta menyiapkan fasilitas listrik untuk telepon genggam pemudik yang kehabisan daya.

Banser Rembang dalam kegiatan ini menerjunkan sekitar seribu personel yang dibagi menjadi sepuluh titik dan masing-masing titik di bagi lagi menjadi tiga sift.

“Sekitar seribu personel lah, nanti di bagi masing-masing titik tiga sift agar bisa gantian dengan temannya,” pungkasnya.

Zaenal berharap dengan adanya posko Banser ini bisa membantu para pemudik dan juga meringankan tugas kepolisian yang menjaga keamanan selama arus mudik lebaran. Pria asal Kalitengah ini mengaku bahwa Banser sudah rutin membuat posko udik sejak 2016 lalu.

 

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Mohammad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan