Asah Kemampuan Seni, Pemuda Pamotan Gelar RSM

Sabtu, 27 Juli 2019 | 14:57 WIB

Pemuda Desa Pamotan yang tergabung dalam Komunitas Seni Budaya (KSB) Pamotan menggelar acara Rutinitas Sabtu Malam (RSM) di area rumah toko (Ruko) sebelah selatan masjid Pamotan. (Foto: mataairradio.com)

PAMOTAN, mataairradio.com – Sekelompok pemuda asal Desa Pamotan yang tergabung dalam Komunitas Seni Budaya (KSB) Pamotan menggelar acara Rutinitas Sabtu Malam (RSM) di area rumah toko (Ruko) sebelah selatan masjid Pamotan.

Acara yang mewadahi kreatifitas para seniman ini digelar setiap Sabtu malam mulai pukul 20.00 sampai 22.00 waktu setempat. Hingga Sabtu (27/07/2019) kegiatan rutin ini sudah berlangsung tiga kali atau sekitar sebulan terakhir.

Ketua KSB Pamotan Saiful Anwar menyatakan acara RSM ini sebagai wadah bagi para pemuda untuk menyalurkan semua bakat dan kreatifitasnya, khususnya dibidang seni. Sampai saat ini ada beberapa pertunjukan yang ditampilkan seperti seni musik, stand up komedi, pembacaan puisi, dan juga beberapa tarian.

Targetnya panggung ini bisa dimanfaatkan oleh warga untuk hiburan rakyat di tengah serangan budaya dari luar sehingga budaya-budaya lokal bisa dipertahankan bahkan diminati oleh generasi muda.

Selain para pemuda, panggung RSM ini juga dibuka selebar-lebarnya untuk generasi yang lebih tua dalam menampilkan seni budaya.

“Komunitas yang mau tampil tidak kami batasi yang muda saja Mas, yang tua juga kita persilahkan. Komunitas dari luar Pamotan monggo kami persilahkan jika ingin tampil,” ungkapnya.

Selama digelar kemarin, rata-rata ada tujuh sampai delapan komunitas yang menampilkan performanya. Kebanyakan memang komunitas musik yang tampil.

Saiful berharap selain mengasah kemampuan seni, kegiatan tersebut juga berimbas pada sektor perekonomian karena berada di area Ruko Pamotan yang tergolong baru. Harapannya banyak pengunjung yang membeli makanan atau minuman di Ruko tersebut. Walaupun baru ada beberapa Ruko yang buka.

“Ya kalau acara ramai terus banyak yang beli makanan atau minuman di Ruko kan juga meningkatkan UMKM Mas, ” pungkasnya.

Saat ini dirinya bersama tim mempromosikan acara RSM melalui media sosial, hasilnya selama tiga kali digelar pengunjung yang hadir bisa dikatakan lumayan. Kebanyakan anak muda yang menikmati malam minggu.

Mabruri warga setempat mengaku senang jika ada hiburan semacam itu, apalagi acaranya digelar pada Sabtu malam. Dirinya bisa mengajak anak dan istrinya menikmati keramaian tanpa harus jauh-jauh ke Lasem atau Rembang.

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mohamad Siroju Munir

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan