Arungi ISC, PSIR Diusulkan Pakai Pelatih Lokal

Senin, 21 Maret 2016 | 18:16 WIB
Ilustrasi. (Foto: bolabanget.com)

Ilustrasi. (Foto: bolabanget.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – PSIR Rembang diusulkan memakai saja jasa pelatih lokal untuk mengarungi Indonesia Soccer Championship atau ISC B yang akan digelar pada bulan April mendatang.

“Usulan itu antara lain agar PSIR tidak mengeluarkan biaya besar untuk menggaet pelatih,” ujar Sunarno salah satu pecinta sepakbola di Rembang, Senin (21/3/2016) pagi.

Menurutnya, pelatih lokal yang bisa dipakai PSIR adalah yang namanya pernah moncer sebagai pemain dan pernah menjadi bagian dari pelatih PSIR.

“Saya tidak mau menyebut nama. Tapi orang Rembang yang suka dengan PSIR, pasti tahu,” tandasnya.

Menurutnya, pelatih baru PSIR di ajang ISC yang tinggal bulan depan diputar, mesti memahami kualitas dan emosi pemain lokal.

“Karena pada kompetisi nanti, PSIR masih akan banyak mengandalkan pemain lokal, maka pelatihnya jangan pelatih luar. Kalau lokal kan mudah serawungnya,” tegasnya.

Komandan Gabungan Suporter Rembang (Ganster) Nugroho Ghozali juga menyebut, sosok pelatih yang tepat bagi PSIR adalah yang berasal dari lokal Rembang.

“Selain karena bisa langsung ‘klik’ dengan para pemain, jika menggunakan pemain lokal, biayanya juga tidak akan sebegitu besar,” ujarnya.

Sejauh ini, ada 2 nama yang sudah mencuat sebagai calon juru racik Skuat Oranye, yaitu Hadi Surento dan Haryanto.

Keduanya sama-sama berpengalaman di PSIR, masing-masing sebagai pelatih dan asisten pelatih.

Hadi Surento merupakan pemain asli Rembang yang sebelum ‘gantung sepatu’ kembali memperkuat PSIR, setelah sempat memperkuat tim seperti PSIS, Arema, dan Mitra Surabaya.

Sementara Haryanto, tercatat dua kali mengarsiteki PSIR, masing-masing pada musim 2013 dan 2014.

Lalu bagaimana jika manajemen baru nanti, tidak memilih salah satu dari keduanya untuk menjadi pelatih baru PSIR? Bagi Nugroho, hal itu tak akan menjadi masalah.

“Kalau pelatihnya tidak sesuai harapan kami, ya nggak papa. Manajer mungkin punya pertimbangan lain. Yang penting, rekrutmen berlangsung secara baik dan masih mengadopsi pemain lokal,” tegasnya.

Sementara itu, dikonfirmasi secara terpisah, Hadi Surento mengaku siap jika dirinya ditunjuk sebagai pelatih baru PSIR.

Saat ini, dirinya bahkan telah tampak terlibat latihan bersama dengan para pemain, sekadar untuk menjaga kebugaran dan berbagi sejumlah ilmu kepada mereka.

“Sebagai warga Rembang, saya siap kalau diminta menjadi pelatih,” ujarnya.

Ia pun mengaku pernah didorong untuk melamar sebagai juru racik permainan Laskar Dampo Awang. Namun ia memilih mengalir saja, apalagi saat ini PSIR juga belum jelas kepengelolaannya.

Begitu pun Haryanto. Ia mengaku tak menyoal siapa pun pelatihnya, asalkan PSIR tetap bisa eksis.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan