DPRD Rembang Percepat Pembahasan APBD Perubahan 2014

Monday, 14 July 2014 | 13:58 WIB
Anggota Badan Anggaran DPRD Rembang Gunasih. (Foto:Pujianto)

Anggota Badan Anggaran DPRD Rembang Gunasih. (Foto:Pujianto)

REMBANG, MataAirRadio.net – DPRD Kabupaten Rembang memutuskan mempercepat pembahasan APBD Perubahan tahun 2014. Biasanya, APBD Perubahan dibahas pada bulan September, namun tahun ini dimajukan pada bulan Juli. Bahkan rapat paripurna pengesahan APBD Perubahan dijadwalkan digelar tanggal 25 Juli ini.

Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Rembang Gunasih membenarkan adanya percepatan pembahasan APBD Perubahan 2014. Senin (14/7) pagi hingga malam, prosesnya dikebut mulai pemaparan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara hingga pembahasan.

Semua komisi di DPRD juga akan menggelar rapat untuk memberikan masukan terkait kebijakan umum anggaran di APBD Perubahan 2014 pada hari yang sama. Gunasih menjelaskan, jika APBD Perubahan 2014 dibahas oleh anggota DPRD yang baru, maka khawatir molor dan tidak efektif.

Ketua Badan Legislasi DPRD Kabupaten Rembang Puji Santoso mengakui, pembahasan APBD Perubahan 2014 adalah yang paling cepat, selama dia duduk di kursi dewan. Puji yang kembali terpilih sebagai anggota DPRD ini, juga mengaku setuju pembahasan APBD Perubahan dipercepat.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman di tahun lalu, dengan membahas APBD Perubahan di bulan September, maka sejak selesai dibahas hingga menanti evaluasi dari Gubernur, anggaran baru bisa dijalankan pada Oktober.

Sisa waktu dua bulan hingga akhir tahun anggaran, dianggap tidak cukup efektif untuk merealisasikan pembangunan yang bersifat fisik. Apalagi khusus pada tahun ini, anggota DPRD yang baru, butuh membentuk alat kelengkapan dewan seperti komisi, badan anggaran, badan legislasi, dan badan kehormatan.

Sejumlah kalangan berharap agar percepatan pembahasan APBD Perubahan 2014 tidak lalu menghilangkan prinsip kehati-hatian dan kecermatan. Banyak pihak yang juga menyesalkan akhir kinerja anggota DPRD lama, yang hanya mampu menyelamatkan pembahasan APBD Perubahan. Sementara perubahan Perda tentang Pengelolaan TPI yang didengungkan sejak sebelum Pemilu Legislatif, akhirnya harus menunggu akhir tahun untuk dibahas. (Pujianto)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan