Antisipasi DBD dan Zika, Jumat Bersih Digalakkan

Jumat, 12 Februari 2016 | 19:20 WIB
Aktivitas pembersihan lingkungan dari rumput, sampah, dan genangan air sebagai bentuk gerakan pembersihan sarang nyamuk di kompleks Kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan Rembang, Jumat (12/2/2016) pagi. (Foto: mataairradio.com)

Aktivitas pembersihan lingkungan dari rumput, sampah, dan genangan air sebagai bentuk gerakan pembersihan sarang nyamuk di kompleks Kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan Rembang, Jumat (12/2/2016) pagi. (Foto: mataairradio.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Pemerintah Kabupaten Rembang menggalakkan gerakan jumat bersih untuk pemberantasan sarang nyamuk guna mengantisipasi peredaran virus dengue penyebab demam berdarah dan virus zika.

Penjabat Bupati Rembang Suko Mardiono mengatakan, kampanye perilaku hidup bersih dan sehat dilakukan sebagai tindak lanjut dari edaran yang telah dirilis Menteri Dalam Negeri.

“Meski virus zika belum masuk Rembang, tapi peredaran virus dengue masih perlu diwaspadai,” terangnya.

Saat memimpin apel, Jumat (12/2/2016) pagi, Suko juga meminta kepada setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk memperbaiki suasana dan lingkungan kerja masing-masing.

“Dari beberapa kali kunjungan kami tingkat kebersihan tiap kantor pemerintah, masih butuh perhatian,” tandasnya.

Padahal menurutnya, lingkungan kerja yang bersih memengaruhi kenyamanan dan berimplikasi pada kinerja pelayanan.

“Kami berharap lewat gerakan jumat bersih yang dilakukan setelah apel pagi, akan membiasakan tiap dinas hidup bersih dan sehat,” tegasnya.

Dalam surat edarannya, Penjabat Sekda Rembang Hari Susanto meminta kepada semua SKPD agar menjadi pelopor budaya hidup bersih dengan melaksanakan kerja bakti di lingkungan kerja masing-masing.

“Tidak hanya kantor dinas, tapi juga sekolah, desa, dan kelurahan,” tulisnya.

Edaran gerakan bersih-bersih efektif per 12 Februari dan berlaku seterusnya dan dilakukan tiap jumat pagi.

Sekadar diketahui, virus dengue telah menewaskan setidaknya 3 orang di Rembang. Selain fogging, masyarakat perlu melakukan pemberantasan sarang nyamuk guna cegah DBD.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



One comment
  1. nilon henry

    Februari 12, 2016 at 10:44 pm

    Gerakan jumat bersih sangat positif dan jadikan budaya

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan