Antisipasi Begal, 106 Lampu Penerangan Jalan Disebar

Sabtu, 20 Juni 2015 | 16:27 WIB
Ilustrasi perbaikan lampu jalan di jalur Pantura Kota Rembang. (Foto: Rif)

Ilustrasi perbaikan lampu penarangan jalan  umum di jalur Pantura Kota Rembang. (Foto: Rif)

 
REMBANG, mataairradio.com – Sedikitnya 106 lampu penerangan jalan umum (LPJU) dipasang di tepi jalan poros antarkecamatan di Kabupaten Rembang, guna mengantisipasi aksi begal atau pencurian dan perampasan.

Imam Teguh Susatyo, Kepala Bidang Migas dan Energi pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rembang menyebutkan, lampu PJU itu bakal dipasang di jalan poros Kecamatan Rembang, Lasem, Pancur, Sedan, Sale, Gunem, Bulu, dan Sumber.

Menurutnya, jumlah LPJU yang akan dipasang segera dalam tahun ini, masih belum ideal karena tidak menerangi mayoritas ruas jalan antarkecamatan. Dia juga tidak bisa memastikan, kapan jalanan sasaran bisa seluruhnya terterangi LPJU.

“Sebab, beberapa jalanan juga tidak dekat, bahkan tidak tersedia jaringan listrik,” terangnya kepada mataairradio, Sabtu (20/6/2015).

Imam juga mengatakan, sebenarnya ada cara untuk mengatasi pemasangan LPJU di kawasan yang tidak tersedia jaringan listrik PLN, yakni dengan memakai panel listrik tenaga surya. Tetapi menurutnya, cara tersebut memerlukan investasi lebih besar dibandingkan menggunakan setrum Negara.

Apalagi, pemasangan LPJU baru berdampak pada jumlah pembayaran tagihan atas rekening tersebut kepada PLN. Memang di setiap kali pemasangan LPJU baru, sudah turut diperhitungkan besar rekeningnya. Tetapi jika terlalu besar, kemampuan Pemkab dalam membayar, akan terbatas.

Dia menyebutkan, tagihan pembayaran listrik ke PLN atas LPJU yang menjadi tanggung jawab Dinas ESDM mencapai Rp740 juta per bulan. Tagihan itu ada yang dihitung dengan KWH meter, tetapi ada juga yang dengan model abonemen.

“Kami berharap bisa terus mengalokasi LPJU agar tidak lagi ada keluhan dari masyarakat soal jalanan gelap yang rawan kejahatan,” tegasnya.

Imam menambahkan, biaya rekening yang timbul atas penambahan 106 titik, masih belum diterimanya dari PLN. Ditegaskannya 106 LPJU yang dipasang itu juga ada yang model KWH meter dan yang abonemen. Hingga Juni ini, Dinas ESDM baru merampungkan pemasangan LPJU di kawasan Pantura Rembang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan