Anggaran Segera Cair, Panwas Pilkada Batal Mogok

Senin, 23 November 2015 | 17:23 WIB
Ketua Panwas Pilkada Rembang Totok Suparyanto dijumpai wartawan keluar dari ruang kerja Pjs Bupati, Kamis (13/8/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

Ketua Panwas Pilkada Rembang Totok Suparyanto dijumpai wartawan keluar dari ruang kerja Pjs Bupati, Kamis (13/8/2015) pagi. (Foto: Pujianto)

 

REMBANG, mataairradio.com – Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada Rembang batal mogok karena anggaran kepengawasan sebesar Rp2,5 miliar dari pemerintah kabupaten setempat, segera bisa dicairkan.

“Kepastian segera dicairkannya anggaran kepengawasan disampaikan langsung oleh Penjabat Bupati dan Pelaksana Tugas Sekda Rembang pada rapat koordinasi desk pilkada, baru-baru ini,” kata Ketua Panwas Pilkada Rembang Totok Suparyanto, Senin (23/11/2015) pagi.

Saat sekarang, ia sudah bersiap melakukan pencairan. Begitu dana cair, tunggakan tiga bulan honor bagi PPL, panwascam, dan panwas kabupaten, akan dibayar sekaligus.

“Kami tidak akan membayar honor untuk satu atau dua bulan dulu, tetapi langsung tiga bulan sekaligus,” terangnya.

Panwas Pilkada Rembang dialokasi anggaran sebesar Rp3,5 miliar dari pemerintah kabupaten setempat. Dari jumlah itu, Rp1 miliar di antaranya dipenuhi lewat APBD Induk 2015, sedangkan Rp2,5 miliar sisanya dipenuhi lewat APBD Perubahan tahun ini.

“Bawaslu sudah kontak kepada Pj Bupati Rembang agar segera mencairkan anggaran untuk Panwas. Hal itu demi kelancaran proses pengawasan pilkada,” tandasnya.

Ia juga mengungkapkan, Bawaslu sebenarnya menginginkan agar kekurangan anggaran bagi Panwas Pilkada, bisa dicairkan sebelum 20 November 2015.

“Tetapi, biarpun terlambat, kepastian segera cairnya anggaran, kami syukuri,” tegasnya.

Penjabat Bupati Rembang Suko Mardiono dalam sebuah kesempatan memastikan pencairan anggaran bagi Panwas Pilkada. Ia tidak mau dianggap sebagai pihak yang menyendat kelancaran proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rembang, 9 Desember mendatang.

Hanya saja, menurutnya, pencairan anggaran menunggu mekanisme di dinas teknis. Pj Bupati membantah keterlambatan pencairan berkaitan soal evaluasi APBD Perubahan 2015 Rembang dari Gubernur Jawa Tengah. Ia menegaskan, secara prinsip, APBD Perubahan disetujui oleh Gubernur.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan