Anggaran Dipangkas, Eksekutif Ngambek Gelar Pilkades

Kamis, 19 Februari 2015 | 18:06 WIB
Ilustrasi. (Foto: karesidenan.com)

Ilustrasi. (Foto: karesidenan.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Rembang belum akan menggelar pilkades serentak dalam waktu dekat. Padahal dana untuk kepanitiaan pilkades di tingkat desa sudah dianggarkan pada APBD Induk 2015.

Saat Musrenbangcam Sumber Rabu (18/2/2015) kemarin pun, salah satu anggota dewan dari Dapil Sumber-Kaliori M Asnawi sempat mengungkap pilkades serentak akan digelar pada Mei 2015. Kepala Sub-Bagian Tata Pemerintahan Desa Gunari membantah pilkades serentak digelar pada Mei nanti.

Salah satu alasannya, anggaran Rp100 juta yang diusulkan Pemerintah untuk kebutuhan kepanitiaan pilkades di tingkat kabupaten dipangkas oleh DPRD di pengesahan APBD Induk 2015.

“Anggaran itu penting untuk membiayai persuratan, monitoring, dan penguatan BPD jelang pilkades. Kalau anggaran untuk kepanitiaan pilkades di tingkat kabupaten belum jelas, ya berat menggelar pilkades,” tandasnya.

Gunari membenarkan, jatah anggaran pilkades untuk setiap desa dimasukkan di APBD 2015. Setiap desa mendapat jatah rata-rata Rp30 juta, tergantung pada jumlah penduduknya. Namun ditegaskannya, panitia pilkades tingkat kabupaten juga perlu dukungan anggaran untuk monitoring dan sejenisnya.

Anggota Komisi A DPRD Rembang Gatot Paeran mengaku memangkas anggaran untuk kepanitiaan pilkades tingkat kabupaten karena kebutuhannya bisa dipenuhi dari sumber lain. Menurutnya, ploting anggaran pilkades ke setiap desa disinyalir lebih masing-masing sekitar Rp5juta.

“Jika pilkades serentak tahun ini diikuti sebanyak 43 desa, maka ada anggaran sekitar Rp200 juta yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan itu. Soal sikap Pemerintah yang mengambek, tugas DPRD adalah mengefisiensi anggaran,” tegas Gatot.

Penjabat Kades Krikilan Kecamatan Sumber Sukirno saat Musrenbangcam Sumber mempertanyakan pelaksanaan pilkades serentak di kabupaten ini. Atas situasi ini, anggota dewan Gatot Paeran mengaku pasrah dengan komitmen Pemkab Rembang.

“Sebab bagaimana pun, APBD 2015 sudah ditetapkan sebagai peraturan daerah dan dievaluasi oleh Gubernur Jawa Tengah. Soal kapan pilkades digelar, intinya anggaran untuk menggelar pilkades serentak di tahun ini, sudah siap,” pungkasnya.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan