Aneka Produk UMKM Ramaikan Musrenbangwil di Rembang

Senin, 19 Maret 2018 | 17:59 WIB

Bupati Rembang Abdul Hafidz mendampingi Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengunjungi gerai produk UMKM khas Rembang, rengginang teri, di sela Musrenbangwil di Pendapa Museum Kartini Rembang, Senin (19/3/2018). (Foto: Mohammad Siroju Munir)

 

REMBANG, mataairradio.com – Aneka produk hasil usaha mikro kecil menengah (UMKM) meramaikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil) di Kabupaten Rembang, Senin (19/3/2018) pagi.

Acara yang dihadiri Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko dan kepala daerah se-wilayah Pati ini berlangsung di Pendapa Museum Kartini Rembang.

Aneka produk UMKM sudah dipajang sejak Ahad (18/3/2018) kemarin. Selain produk khas Rembang, juga ada produk khas dari daerah lain.

Plt Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko menyatakan senang karena kreativitas warga sudah mulai bangkit.

“Pameran produk UMKM ini adalah bentuk ekspresi dan apresiasi,” katanya.

Pemerintah akan mambantu memasarkan produk UMKM. Namun ia mengingatkan peran media untuk membantu mempromosikan.

Pada kesempatan itu, Heru menegaskan bahwa kepala daerah perlu melestarikan gotong royong dalam mengembangkan UMKM.

“Seperti Pak Bupati (Bupati Rembang, red.) ini bagus. Menganjurkan kalangan aparatur sipil negara mengenakan batik sebagai seragam dinas,” katanya.

Dengan demikian, menurutnya, produk warga akan menjadi laku, sehingga daya beli masyarakat akan semakin tinggi.

Heru sempat mencicipi sirup, legen, dan rengginang teri yang merupakan produk dari Kabupaten Rembang.

Disinggung mengenai hal yang paling berkesan, Heru menyebut pelayanannya ramah. Hal ini, menurutnya merupakan modal awal yang penting dalam memperkenalkan sebuah produk.

Sementara itu, ada tujuh isu strategis yang digulirkan pada Musrenbangwil tahun ini, di antaranya, kemiskinan, ekonomi berdaya saing, dan pengembangan SDM yang kompetitif.

Selain itu, juga kedaulatan pangan dan energi, usaha mengatasi kesenjangan wilayah, serta pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan hidup.

Tata kelola pemerintahan yang baik pun termasuk isu yang penting yang digulirkan pada Musrenbangwil 2018.

 

Penulis: Mohammad Siroju Munir
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan