Alun-alun Rembang Kembali Ditata dengan Rp3,5 Miliar

Jumat, 22 Agustus 2014 | 14:17 WIB
Alun-alun Rembang kembali ditata, kali ini dengan gelontoran anggaran Rp3,5 miliar. (Foto:Rif)

Alun-alun Rembang kembali ditata, kali ini dengan gelontoran anggaran Rp3,5 miliar. (Foto:Rif)

REMBANG, MataAirRadio.net – Alun-alun Rembang kembali ditata, kali ini dengan gelontoran anggaran Rp3,5 miliar. Di tahap pertama kemarin, wajah Kota Rembang itu sudah ditata permulaan dan menelan anggaran Rp1,7 miliar. Jumat (22/8) pagi, pihak kontraktor mulai memasang pagar seng keliling proyek alun-alun.

Pejabat Pembuat Komitmen Penataan Tahap Kedua Alun-Alun Rembang Sigit Widyaksono menjelaskan, kontrak pengerjaan proyek tersebut diteken 15 Agustus lalu. Namun pelaksanaan proyek baru dilaksanakan 19 Agustus kemarin, setelah penandatanganan surat perintah mulai pekerjaan.

Dalam kurun waktu hingga 14 hari sejak 15 Agustus kemarin pun, pihaknya masih mungkin melakukan sejumlah revisi gambar pekerjaan. Proyek tersebut direncanakan selesai dalam 120 hari atau hingga 16 Desember mendatang. Pelaksananya tidak lagi perusahaan persekutuan dari Jepara, tetapi perseroan dari Surabaya.

Sigit juga menjelaskan, dengan anggaran Rp3,5 miliar, penataan alun-alun kali ini sudah akan sampai pada “finishing”. Yang paling mencolok dari penataan nanti adalah pemasangan batu dinding keliling trotoar alun-alun, pemasangan lampu taman dan lampu kota, serta keramik berpola di bagian tengah.

Soal pengawasan, pihaknya menjamin beberapa poin penataan yang mencolok akan dilakukan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Keramik, lampu, dan batu dinding sudah tentu ada ukuran dan standar harganya serta mudah diawasi.

Mengenai penataan lokasi alun-alun di sisi barat atau di dekat papan baca, Sigit mengungkapkan akan digunakan untuk membangun selter bagi PKL. Selain itu, juga akan digunakan untuk pembuatan sarana MCK bagi pengunjung Alun-alun Rembang.

Sementara itu terkait dengan pedagang kaki lima di sisi utara, barat, dan selatan alun-alun, akan segera pindah ketika penataan dimulai dengan lalu-lintas kendaraan proyek. Mereka akan dipindah ke sisi timur di bilangan Jalan Gatot Subroto, namun mayoritas merupakan penjual jasa permainan anak-anak.

Adapun para pedagang yang sudah menempati selter PKL di sisi timur dan di tepi jalan sebelah selatan alun-alun, langsung bisa tetap berjualan seperti yang sudah berlangsung selama ini. Masyarakat menanti bentuk dan kualitas Alun-alun Rembang setelah ditata dengan anggaran total Rp5,2 miliar. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan