50 Koperasi di Rembang akan Dibubarkan

Minggu, 15 Mei 2016 | 18:04 WIB
Pertemuan revitalisasi koperasi yang digelar oleh Dinas Perindagkop dan UMKM Rembang, belum lama ini. (Foto: pipprembang.com)

Pertemuan revitalisasi koperasi yang digelar oleh Dinas Perindagkop dan UMKM Rembang, belum lama ini. (Foto: pipprembang.com)

 

REMBANG, mataairradio.com – Pihak Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Rembang akan membubarkan sedikitnya 50 koperasi di tahun 2016.

Koperasi yang akan dibubarkan merupakan koperasi yang tidak aktif. Menurut catatan pada dinas tersebut, per 31 Desember 2015, jumlah koperasi di Kabupaten Rembang sebanyak 568.

Dari jumlah tersebut hanya 250 yang dinyatakan aktif, sedangkan dari 318 koperasi yang sempat dinyatakan tidak aktif, sampai dengan bulan April kemarin, ada 85 yang menggelar rapat anggota tahunan.

Pihak Dinas Perindagkop dan UMKM Rembang menyatakan telah menyelenggarakan kegiatan revitalisasi koperasi guna peningkatan kualitas pada kelembagaan koperasi di kabupaten ini.

“Revitalisasi ini untuk mengupayakan agar koperasi yang tidak aktif dapat menjadi aktif, sedangkan koperasi aktif akan menjadi koperasi yang lebih besar,” tulis laman resmi Pos Informasi Pasar dan Perdagangan (PIPP) Rembang yang dikelola Dinas Perindagkop dan UMKM setempat.

Menurut publikasi itu, koperasi dikatakan aktif apabila koperasi yang bersangkutan mengadakan rapat anggota tahunan dan melakukan kegiatan usaha untuk melayani anggota, dalam tiga tahun terakhir secara berturut-turut.

“Dari kondisi yang ada, pada tahun 2016 Dinas Perindagkop dan UMKM Kabupaten Rembang akan membubarkan koperasi tidak aktif, sedikitnya 50 koperasi,” tulis laman PIPP.

Revitalisasi diperlukan guna meningkatkan peran koperasi dalam mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat, sekaligus memperkokoh kedudukannya sebagai wadah untuk menghimpun dan menggerakkan potensi ekonomi.

“(Revitalisasi) juga agar koperasi sebagai badan hukum mampu berperan menjalankan usaha yang sehat, kuat, mandiri, dan tangguh,” demikian tulis PIPP Rembang.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan