455 Bakal Caleg akan Rebutkan 45 Kursi DPRD Rembang

Rabu, 18 Juli 2018 | 20:08 WIB

Proses penelitian dan verifikasi berkas milik bakal calon legislatif pada Pemilu 2019, di Gedung KPU Rembang. (Foto: Mohamad Siroju Munir)

 

REMBANG, mataairradio.com – Sebanyak 455 bakal calon anggota DPRD Kabupaten Rembang resmi terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Komisioner KPU Rembang Mohamad Salam menjelaskan, berdasarkan hasil verifikasi ada 16 partai politik yang menjadi peserta pemilu dan seluruhnya mendaftarkan bakal caleg usungannya.

Dari total parpol yang telah terverivikasi ada yang mendaftarkan bakal calegnya secara keseluruhan, yaitu 45 sesuai jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Rembang. Ada juga yang kurang dari jumlah tersebut.

“Seperti PBB (Partai Bulan Bintang) dan PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia). Untuk Partai Bulan Bintang mencalonkan sebanyak tiga caleg di satu daerah pemilihan (Dapil), sedangkan PKPI mencalonkan sebanyak empat orang caleg di dua Dapil,” ungkapnya.

Salam menjelaskan, parpol yang jumlah caleg usungannya sesuai dengan jumlah kursi di DPRD Rembang diantaranya Partai Persatuan Pembangunan, Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

“Sedangkan PAN mengusung sebanyak 18 caleg, Hanura sebanyak 42 caleg, PKS 28 caleg, Partai Berkarya 11 caleg, dan Perindo delapan caleg, serta Golkar 36 caleg.

Kemudian PSI mencalonkan sebanyak 17 caleg, Partai Garuda sebanyak 21 orang caleg, dan Partai Grindra 43 caleg, serta Partai Kebangkitan Bangsa sebanyak 44 caleg,” terangnya, Rabu (18/7/2018).

Salam menegaskan dari total bakal calon legislatif, 30 persen diantaranya merupakan caleg perempuan.

Rincinya adalah dari 455 Caleg, jumlah caleg perempuan sebanyak 197 orang, sedangkan sisanya 258 orang laki-laki.

Disinggung apakah banyak wajah-wajah lama yang mendaftar caleg, Salam belum bisa berkomentar.

“Perlu kita teliti berkas-berkas administrasinya lagi,” pungkasnya.

 

Penulis: Mohamad Siroju Munir
Editor: Mukhammad Fadlil

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan